10 Cara Melancarkan Buang Air Besar

MEDAN, KabarMedan.com | Jangan menyepelekan buang air besar (BAB). Pada tingkat yang parah, susah BAB dapat berakibat sembelit, bahkan terancam penyakit kanker usus. Sembelit biasanya dipicu oleh gerakan peristaltik yang lambat di dalam usus, yang membuat tinja kering dan mengeras. Oleh sebab itu simak 10 cara melancarkan BAB berikut.

  1. Jangan tunda jika perut sudah mulas

Akan sangat baik jika BAB dilakukan setiap hari. Jadi, jangan ditunda jika perut sudah terasa mulas. Memang terkadang karena kesibukan, kita sering menunda untuk BAB. Padahal hal tersebut dapat berakibat buruk dan bisa membuat kita jadi susah BAB nantinya. Bahkan akan lebih baik lagi, sebelum beraktivitas, di pagi hari kita membuang air besar terlebih dahulu setiap hari.

  1. Mengonsumsi makanan berserat

Salah satu penyebab susah BAB yang paling umum adalah karena kekurangan asupan serat. Kita tidak suka atau jarang makan sayuran dan buah, padahal itu adalah sumber serat tinggi yang menyehatkan. Cobalah mulai sekarang biasakan diri untuk mengikutkan buah dan sayur maupun biji-bijian yang tinggi serat di makanan Anda, seperti: wortel, kubis, pepaya, bayam, aprikot, dan kacang-kacangan.

BACA JUGA

  1. Olahraga secara teratur

Kurang bergerak dan beraktivitas menyebabkan susah buang air besar. Olahraga yang benar efektif merangsang pergerakan dan kinerja otot-otot di dalam usus. Dengan begitu tinja akan bisa keluar lebih cepat dan mudah.

  1. Jangan duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama, khususnya bagi Anda pekerja kantoran yang tiap jam harus duduk di depan komputer untuk bekerja, kebiasaan ini dapat menyebabkan sembelit. Jadi, biasakan setelah duduk berjam-jam, berdirilah kemudian lakukan gerakan-gerakan ringan sebelum duduk kembali.

  1. Meminum jus herbal kaya serat

Salah satu cara untuk memperlancar BAB yang keras, yaitu dengan meminum jus herbal kaya serat dari bahan-bahan alami. Memang ada banyak sekali merek jus herbal praktis yang bisa diminum tiap hari. Anda dapat memilih yang Anda sukai.

  1. Banyak konsumsi air putih

Selain minum Fiforlif, Anda juga wajib membiasakan diri mengonsumsi air putih. Dengan demikian, Anda bisa bebas dari dehidrasi dan cairan yang Anda minum juga dapat membantu memperlunak tinja yang ada di dalam usus dan pada akhirnya tinja dapat dikeluarkan dengan lebih lancar tanpa perlu mengejan terlalu keras.

  1. Konsumsi makanan hasil fermentasi

Makanan hasil fermentasi, seperti yoghurt sangat baik bagi proses pencernaan. Bakteri baik yang terkandung di dalamnya akan menyeimbangkan jumlah mikroflora di dalam usus, yang akan membantu melancarkan pembuangan tinja.

  1. Kurangi konsumsi kafein

Anda penggamer kopi dan teh? Ada baiknya mulai sekarang kurangi asupannya. Kafein yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan dehidrasi dan pada akhirnya membuat tubuh jadi susah untuk BAB.

  1. Konsumsi makanan mengandung minyak sehat

Selain mengonsumsi sayuran dan buah berserat, ada baiknya Anda juga mencampurkan minyak sehat, seperti minyak zaitun atau minyak ikan. Kedua minyak itu adalah obat pencahar alami.

  1. Posisi buang air besar harus benar

Saat buang air besar, posisi jongkok sangat direkomendasikan daripada posisi duduk, sebab posisi ini dapat membantu membuka usus besar, sehingga tinja jadi lebih cepat dan mudah dikeluarkan. Posisi itu juga terbukti mengurangi ketegangan usus, sehingga pembuangan tinja lebih mudah. [KM-02]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY