12 Nelayan Ditahan, Massa Demo Konjen Malaysia

MEDAN, KabarMedan.com | Ratusan orang berunjuk rasa di depan Konsulat Jenderal Malaysia, Jalan Diponegoro, Medan. Mereka menuntut pembebasan suami atau ayah mereka yang ditahan otoritas Malaysia, Kamis (26/10/2017).

Dimana, sebanyak 12 nelayan tradisional Belawan sebelumnya ditahan Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) pada Minggu 15 Oktober 2017. Mereka dituding telah melanggar batas negara.

Para nelayan tersebut ditangkap pada titik koordinat 04 23.506 N dan 099 21.354. Wilayah tersebut dinyatakan masih merupakan wilayah perairan Indonesia.

BACA JUGA

“Kami meminta para nelayan dibebaskan. Mereka menangkap ikan di wilayah perairan Indonesia,” kat koordinator aksi, Usman, Kamis (26/10/2017).

Mereka mengancam akan melakukan aksi menginap jika tuntutan tidak direalisasikan pihak Malaysia. Perwakilan pengunjukrasa diterima dan melakukan pertemuan tertutup dengan pihak Konjen.

Konsul Muda Konsuler dan Imigrasi pada Konjen Malaysia di Medan, Salmiah berjanji akan membantu. Dirinya juga akan menyampaikan aspirasi pengunjuk rasa.”Kita akan perpanjangkan kepada pihak yang berkenaan,” tulisnya pada kertas yang diterima perwakilan pengunjuk rasa.

Perwakilan pengunjuk rasa, Zulfahri Siagian mengatakan, dalam pertemuan itu disepakati pembebasan para nelayan sebelum November 2017.

“Sudah disepakati, dan kita berharap pembebasannya dilakukan sebelum akhir Oktober,” pungkasnya. [KM-03]

 

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY