5 Buah Yang Berkhasiat Membasmi Jerawat

MEDAN, KabarMedan.com | Buah-buahan mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral kompleks yang menunjang metabolisme tubuh. Selain sebagai pemenuh nutrisi, buah-buahan juga punya manfaat beragam, seperti membasmi jerawat.

Namun demikian, tentu tidak semua jenis buah bisa membantu Kamu menghilangkan masalah kulit yang menjengkelkan itu. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan aneka buah-buahan.

1. Semangka

BACA JUGA

Daging semangka mengandung banyak air yang menyegarkan. Anda dapat memanfaatkannya untuk membasuh wajah atau sebagai masker. Bahkan, biji semangka dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya, jemurlah bijinya hingga kering, lalu tumbuk sampai halus, hingga menjadi bubuk. Campurkan bubuk tersebut dengan beberapa sendok air madu lalu kenakan sebagai masker pada wajah.

2. Srikaya

Di balik bentuknya yang bulat dan berbuku-buku, srikaya mengandung vitamin A, B, C, fosfor, kalsium, protein, niasin, lemak dan karbohidrat. Selain vitamin ada mineral, seperti potasium dan magnesium. Maka, apabila kulit yang berjerawat diobati dengan srikaya, maka luka yang dihasilkan akan cepat sembuh. Radang merah pada jerawat dapat pun lekas mengempis dan bekas lukanya akan mengecil, sehingga hampir rata dengan pori-pori.

3. Mengkudu

Bau mengkudu memang khas, tetapi buah itu telah sejak lama mujarab sebagai obat jerawat. Cukup bersihkan mengkudu dari “matanya”, lalu potong menjadi irisan kecil dan tempelkan beberapa saat pada bagian wajah atau tubuh lain yang mengalami masalah jerawat.

4. Bengkoang

Selain bisa memutihkan kulit, bengkuang juga bisa mengempiskan jerawat dan mengurangi peradangan pada permukaan kulit. Caranya cukup mudah, hancurkan bengkuang dengan blender dan campurkan minyak zaitun. Lalu, oleskan campuran tersebut pada bagian wajah yang mengalami jerawat.

Biarkan beberapa menit, lalu jerawat akan mengalami pengempisan. Lakukan secara berkelanjutan agar mendapat hasil yang maksimal. Namun demikian, sangat disarankan bagi Anda pemilik kulit kering, jangan gunakan masker ini dan pilihlah jenis buah yang lain.

5. Pepaya

Pepaya mengandung vitamin yang sangat kompleks. Selain dapat menurunkan peradangan dari dalam, biji pepaya juga berfungsi mengurangi jumlah jerawat di wajah. Jadi, daging buah pepaya dapat dikonsumsi langsung, sementara bijinya dihancurkan dan dijadikan masker.[KM-02]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY