5 Keunikan Yogyakarta Yang Menarik Wisatawan Asing

MEDAN, KabarMedan.com | Yogyakarta merupakan salah satu destinasi favorit bagi wisatawan domestik maupun turis asing karena Provinsi ini kaya akan adat kebudayaan dan tradisi yang berbeda dari daerah lainnya. Namanya saja Daerah Istimewa Yogyakarta pastinya ada sesuatu yang istimewa yakni Pemerintahan di daerah ini sudah secara turun temurun dipimpin oleh seorang Sultan, yang memiliki peranan yang serupa seperti Gubernur dan tentunya sangat disegani oleh masyarakat sekitar.

Kehidupan warga disini sangatlah damai, rukun, dan lebih santai ketimbang suasana ibukota yang ramai dan padat. Ditambah lagi keindahan alam kota gudeg ini telah menghasilkan berbagai objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Maka tidaklah heran jika Yogyakarta menjadi salah satu kota wisata yang banyak didatangi oleh turis mancanegara selain Lombok dan Bali. Nah, Kamu pasti ingin mengetahui hal-hal apa yang menarik di Yogyakarta sehingga dapat menarik wisatawan asing untuk berkunjung kesini, berikut penjelasannya:

1. Banyaknya promo tiket pesawat dan hotel di Yogyakarta

BACA JUGA

Banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tiket murah dan penerbangan langsung ke Yogyakarta. Begitu pula dengan hotel, banyak promo-promo hotel di Yogyakarta yang diberikan oleh berbagai situs perjalanan. Berbagai hotel bertaraf internasional hingga hotel domestik tersedia di seluruh daerah Yogyakarta sehingga para turis asing hingga backpacker dapat memilih akomodasi sesuai budget dan tingkat kenyamanannya.

2. Berbagai aktifitas wisata budaya yang menyenangkan

Seperti diketahui bahwa wisawatan asing, seperti Belanda, Jepang, dan Malaysia yang menjadi 3 negara penyumbang turis asing terbanyak di Yogyakarta sangat mencintai hal-hal yang berbau sejarah dan kebudayaan. Tentunya dengan berkunjung ke Yogyakarta mereka dapat menyalurkan keinginan dan hasrat untuk belajar seni budaya, mulai dari belajar membatik, Tari Jawa, melihat pertunjukan sendratari Ramayana, Wayang Kulit, hingga menikmati lukisan sang maestro Affandi.

Disamping itu juga, para wisatawan asing juga dapat menikmati pertunjukkan seniman lokal di Jalan Malioboro secara gratis. Tidak sampai disini saja, wisatawan asing pun dapat masuk mengunjungi Keraton Yogyakarta secara mudah yang berisi banyak benda-benda peninggalan bersejarah dan mengetahui kehidupan serta silsilah kesultanan Yogyakarta secara turun temurun. Desa wisata juga menjadi salah satu aktifitas yang lagi gencar diperkenalkan untuk para turis dimana mereka dapat melihat pergelaran karawitan, batik, agrowisata buah naga, sentra tas kulit, kerajinan perak, dan lainnya.

3. Objek wisata berkelas dunia

Objek wisata apa yang akan langsung terlintas jika menyebutkan nama Yogyakarta? Tentu saja Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Kedua candi ini sudah sangat tersohor di seluruh dunia dan bahkan masuk ke dalam daftar world heritage menurut UNESCO. Walaupun sebetulnya lokasi kedua candi ini tidak persis berada di tengah kota dan memiliki jarak tempuh kurang lebih 1 jam dari kota Yogyakarta sendiri, tetapi wisatawan lebih memilih untuk tinggal di sini dikarenakan letak kota Yogyakarta yang sangat strategis, berada di tengah-tengah kedua candi megah ini.

Selain itu, Yogyakarta juga mempunyai Bandar Udara Internasional Adi Sutjipto yang menerima kedatangan maskapai dengan rute penerbangan dari luar negeri, dan ketersediaan transportasi yang memadai sangat memudahkan para turis asing untuk memilih Yogyakarta sebagai tempat tinggal selama liburan.

4. Makanan dan jajanan khas Yogyakarta yang bikin ngiler

Pastinya setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan dan cita rasa makanan yang khas. Yogyakarta terkenal dengan makanan gudeg dan bakpia. Rupanya kenikmatan 2 makanan khas ini telah membuat banyak turis asing penasaran dan mereka ingin mencicipi secara langsung. Selain itu, keunikan makan di angkringan juga menjadi salah satu aktifitas yang selalu ada didalam jadwal perjalanan para turis asing.

Menu makanan yang disajikan di angkringan enak Yogyakarta, seperti nasi kucing, aneka bacem, sate, dan ayam goreng serta suasana tempat makan yang sederhana, semi outdoor, dan cukup terjangkau memberikan kesan yang berbeda dan unik bagi para turis asing, khususnya para backpacker.

5. Yuk naik becak dan delman

Kehangatan masyarakat Yogyakarta pun dapat langsung dirasakan oleh para turis. Tutur kata yang lembut dan perilaku sopan santun menjadi ciri khas masyarakat yang berasal dari suku Jawa ini. Maka tidaklah heran para turis asing merasa senang dan betah untuk berwisata ke Yogyakarta. Hal ini pula yang mendorong para turis untuk mencoba kendaraan tradisional, becak dan delman yang biasanya selalu mangkal di depan hotel dan penginapan.

Para pengemudi kendaraan tradisional ini yang kebanyakan adalah orang asli dari Yogyakarta selalu menawarkan para turis untuk naik becak dan delman mengelilingi alun-alun Yogyakarta, mengunjungi tempat penjual kerajinan tangan, dan pabrik pembuatan bakpia. Hal inilah yang memberikan pengalaman wisata yang berbeda bagi para turis asing dan mereka dengan senang hati menceritakan pengalaman unik dan menyenangkan selama berlibur di Yogyakarta kepada orang lain.

Tidaklah heran, perkembangan jumlah turis asing di Yogyakarta selalu meningkat setiap tahun nya. Dengan meningkatnya pariwisata di Yogyakarta ini, maka perekonomian warga setempat akan naik dan taraf kehidupan akan semakin membaik. [KM-01]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY