5 Tips Bermanfaat Menyambut Bulan Ramadhan

MEDAN, KabarMedan.com | Tidak terasa bulan suci Ramadhan sudah tiba dan saatnya bagi umat Muslim untuk melakukan berbagai persiapan untuk berpuasa selama sebulan penuh hingga Hari Raya Idul Fitri. Untuk itu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan diatur agar tidak menggangu timing, kesehatan, dan mood kita guna menjalani puasa sehat nan cantik.

Nah berikut ini adalah beberapa tips yang penting untuk kalian ketahui selama Bulan Ramadhan ini:

1. Persiapkan bahan makanan dan minuman dan perlengkapan dapur

BACA JUGA

Setelah berpuasa di siang hari, tentunya kalian ingin menyantap makanan nikmat dan minuman yang segar pada saat berbuka kan. Nah, untuk itu bikin jadwal makanan dan minuman untuk berbuka puasa sangatlah penting supaya dapat membantu Kamu menemukan ide masakan kreatif yang memberikan semangat dalam berbuka puasa.

Selain itu, Kamu juga akan lebih terorganisir dalam berbelanja keperluan bahan makanan dan minuman yang diperlukan sehingga bisa lebih hemat waktu, uang, dan tenaga. Jika bahan untuk memasak sudah lengkap, maka jangan ketinggalan juga untuk mengecek peralatan memasak dalam keadaan yang baik, seperti panci, kuali, kompor, microwave, ketel masak air, dan lain sebagainya.

2. Beli pakaian lebaran jauh-jauh hari

Kebanyakan orang biasanya baru mulai mempersiapkan pakaian baru untuk lebaran seminggu sebelum hari H. Padahal jika Kamu mulai mencari satu bulan sebelum nya, maka akan banyak pilihan model pakaian lebaran terbaru yang ready stock dan dijual dengan harga terjangkau.

Selain itu, jika kalian ingin memakai busana seragam dengan keluarga pada saat lebaran, maka hal ini juga memberikan keuntungan yang banyak, karena Kamu tidak harus membayar double charge ke penjahit dan penjahit juga tidak harus terburu-buru karena deadline.

3. Mudik aman dan nyaman

Lebaran tentunya sangat identik dengan pulang kampung dan berkumpul bersama sanak keluarga di tanah kelahiran. Jika Kamu berencana untuk mudik menggunakan transportasi umum, seperti kereta api atau pesawat maka membeli secara online akan lebih menguntungkan karena banyak sekali promo diskon tiket murah selama musim mudik lebaran ini.

Jika Kamu memilih untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka lakukan servis secara berkala agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama mudik. Tidak hanya performa mesin kendaraan yang harus di cek, akan tetapi aksesoris kendaraan, seperti seat belt, kunci stang mobil, dan lain sebagainya harus dipastikan berfungsi dengan baik guna memperoleh mudik yang nyaman dan aman.

4. Jaga penampilan, hati, dan pikiran

Meskipun Kamu berpuasa di siang hari yang cukup terik dan tubuh kekurangan asupan air, tetapi penampilan tetap harus dijaga agar memberikan energi positif bagi hati dan pikiran. Kadar kelembapan kulit Kamu akan berkurang selama berpuasa sehingga kulit akan telihat lebih kering.

Beberapa produk kecantikan untuk menjaga kelembapan kulit seperti sunblock, moisturizer, dan lipbalm harus selalu ada di dalam tas Kamu. Jangan lupa juga untuk menjaga keindahan mahkota Kamu dengan menggunakan hair tonic atau usapkan vitamin rambut agar tetap berkilau dan sehat.

Agar Kamu selalu bersemangat untuk menjalankan aktifitas sehari-hari, maka gunakan juga parfum yang memiliki wangi segar, seperti aroma mint dan green tea. Kamu tidak disarankan untuk menggunakan parfum dengan aroma buah-buahan karena akan menggangu orang-orang sekitar yang sedang berpuasa.

Terakhir yang paling terpenting adalah menjaga waktu tidur yang cukup dan makan buah-buahan agar stamina dan daya tahan tubuh tetap prima. Ingat berpuasa cantik tidak akan bikin pesona Kamu memudar, justru sebaliknya akan membuat kecantikan Kamu lebih terpancar

5. Perbanyak bersedekah dan berbuat kebaikan

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang sangat baik untuk berbagi kepada sesama yang kurang beruntung. Dengan melakukan sedekah di bulan suci ini, maka akan meringankan dosa-dosa kita, pahala berlipat gkamu, dan membuktikan keimanan kita dalam menjalankan ajaran agama.

Bersedekah bisa dalam hal apapun dan kepada siapapun, misalkan memberikan sumbangan kepada fakir miskin, beasiswa untuk anak-anak panti asuhan, atau penyuluhan kesehatan bagi kakek nenek di panti jompo. Dijamin, Kamu akan mendapatkan kebahagiaan lahir dan batin dengan bersedekah dan berbuat kebaikan terhadap sesama. [KM-01]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY