Aktivitas Selfie Ternyata Lebih Banyak Dilakukan Oleh Perempuan

Pevita Pearce, Ambassador Vivo Smartphone dikenal sebagai selebriti yang gemar selfie.

JAKARTA, KabarMedan.com | Menjadi perempuan modern yang mandiri bukan berarti absen dari aktifitas unjuk diri. Bekerja dan membangun karir membuat waktu yang dimiliki oleh para perempuan modern untuk terlibat dalam aktivitas sosial semakin berkurang. Dunia maya menjadi cara untuk tetap eksis dan tampil dengan selfie menjadi cara paling mudah, yang dapat dilakukan oleh para perempuan untuk tetap terlihat aktif di dunia sosial.

Pada tahun 2014, project sosial Selfiecity melakukan penelitian terhadap 3.200 akun instagram selfie di 5 Kota di dunia, yaitu New York, London, Moscow, Bangkok dan San Paolo. Hasil penelitian menyebutkan bahwa untuk setiap Kota, aktivitas selfie lebih banyak dilakukan oleh perempuan dari pada laki-laki, bahkan dengan rata-rata ratio 1:3 antara selfie laki-laki dan wanita. Beberapa KOTA seperti Moscow dan Bangkok bahkan menunjukan rasio yang lebih tinggi.

Selfie memang tidak dibatasi gender, namun selfie sepertinya adalah aktivitas yang disukai oleh banyak perempuan. Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Pew Research Center pada tahun 2014 menyatakan bahwa 68% dari perempuan muda usia millennial melakukan selfie secara rutin, sedangkan untuk laki-laki muda hanya 42%. Walaupun penelitian dilakukan berbasis di US, statistik ini menujukkan bahwa secara umum, fenomena selfie dan perempuan memiliki hubungan yang erat di berbagai belahan dunia.

BACA JUGA

Penelitian mengenai selfie dan perempuan modern juga dilakukan oleh Ideal to Real TODAY/AOL body Image Survey. Penelitian yang dilakukan terhadap 2.000 gadis remaja diatas 17 tahun tersebut menyatakan bahwa 65% dari para perempuan saat ini senang melihat selfie mereka sendiri di media sosial sebagai penambah rasa percaya diri. 40% dari perempuan juga menyatakan bahwa Selfie menjadi sarana bagi mereka untuk “menunjukkan wajah terbaik mereka kepada publik”.

Selfie adalah gambaran jati diri. Dengan Selfie menjadi sarana yang positif bagi para perempuan modern untuk mengekspresikan diri. Smartphone pun terus berinovasi untuk menjadi rekan terbaik dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi perempuan untuk menunjukkan sisi terbaik mereka melalui kamera ponsel mereka.

Selfie menantang pandangan lama bahwa perempuan tidak perlu unjuk diri dan hanya berada dibelakang laki-laki. Selfie memberikan momen dimana perempuan bebas menjadi diri sendiri dan mengatur bagaimana mereka ingin dilihat oleh publik. Selfie mengajarkan perempuan bahwa merasa nyaman dengan diri sendiri bukanlah sebuah aib atau tindakan narsistik dan perempuan berhak untuk membangun citra mereka sendiri.

Beberapa produsen Smartphone tidak ragu berfokus pada kamera depan untuk selfie. Para produsen ini bahkan membuat kamera selfie depan dengan resolusi lebih besar daripada kamera belakang, dan melengkapi berbagai fitur inovatif agar Selfie sempurna. Vivo Smartphone menjadi salah satu produsen smartphone yang konsisten untuk memberikan kenyamanan dalam selfie.

Vivo Smartphone baru saja meluncurkan Vivo V5Plus yang menjadi smartphone dual camera 20 MP + 8 MP pertama di dunia. Vivo Smartphone juga menyediakan fitur Bokeh dan Shoot Refocus untuk memberikan pengalaman selfie terbaik. Dengan kualitas kamera smartphone setara DSLR, aktivitas selfie pun menjadi semakin mudah dilakukan, bukan hanya untuk eksistensi namun juga membangun persepsi diri yang positif. [KM-01]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY