ASEAN Media Blogger Tourism Hunt Promosikan Malaysia Lewat Media Sosial

KUALA LUMPUR, KabarMedan.com | Tourism Malaysia menjadi tuan rumah edisi kedua dari ASEAN Media Blogger Tourism Hunt yang digelar 11 – 14 Juli 2017.

Sebanyak 50 media dan blogger terkemuka dari 10 negara ASEAN berpartisipasi dalam event ini, yang akan membawa mereka pada jalur wisata yang menampilkan beberapa destinasi wisata terbaik Malaysia.

“Event ASEAN Media Blogger Tourism Hunt diformat sebagai perburuan “harta karun”, dengan berbagai lomba memanfaatkan media sosial, yang bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan budaya unik Malaysia, warisan, masakan dan penawaran wisata lainnya ke pasar ASEAN dan mempublikasikan Malaysia dengan memanfaatkan media sosial dan media digital seperti Instagram dan Facebook,” kata Minister of Tourism & Culture Malaysia, Dato Seri Mohamed Nazri bin Abdul Aziz, di Kuala Lumpur, Selasa (11/7/2017).

BACA JUGA

Edisi berburu harta karun tahun ini bertemakan “Malaysia on Wheels”, untuk menonjolkan konsep berkendara saat liburan di Malaysia, dengan memanfaatkan jaringan jalan raya dan sistem jalan Malaysia, khususnya Jalan Raya Plus yang menghubungkan Malaysia dari utara ke selatan.

Peserta akan memulai perjalanan empat hari dimulai dari Kuala Lumpur, dengan mengunjungi landmark ikonik seperti Dataran Merdeka dan Batu Caves. Selanjutnya, mereka akan menuju ke utara menuju destinasi wisata di lpoh dan Kuala Kangsar, Perak, yang merayakan Visit Perak Tahun 2017.

Disana, peserta berkesempatan mengalami gaya hidup lokal di homestay tradisional dimana mereka antara lain akan belajar memancing dan menderes karet. Para peserta juga akan menjadi salah satu yang pertama mengunjungi taman keluarga yang baru dibuka, Movie Animation Park Studios (MAPS) di lpoh.

Dari Perak, mereka akan menuju ke selatan ke Putrajaya untuk mengunjungi ibukota administrasi Malaysia dan mengakhiri perjalanannya.

Selain menikmati pemandangan di tempat tujuan wisata ini, peserta juga bisa mencoba beberapa makanan khas Malaysia seperti Sate Kajang Haji Samuri dan Pakeeza Restaurant.

“Melalui pengalaman mereka, para blogger akan bisa memberikan informasi langsung kepada dunia, melalui video dan foto, yang akan membantu mempromosikan Malaysia secara besar-besaran melalui pemasaran media sosial,” ucap Dato Seri Mohamed Nazri.

Dia menjelaskan, secara total 20,3 juta wisatawan dari negara-negara ASEAN mengunjungi Malaysia, yang merupakan 75,8% dari jumlah kedatangan wisatawan ke Malaysia sebesar 26,8 juta.

“Penerimaan wisatawan dari pasar ASEAN sebesar RM56,2 miliar; yaitu 68,4% dari total penerimaan wisatawan pada tahun 2016,” ungkapnya.

Untuk kuartal pertama 2017, lanjutnya, Malaysia telah menerima 5,03 juta wisatawan dari kawasan ASEAN, dengan kenaikan 2,4% terhadap periode yang sama tahun lalu.

“Ini merupakan trend yang menggembirakan untuk memenuhi tujuan akhir Malaysia untuk tahun 2017, yaitu untuk menarik total 23,1 juta wisatawan ASEAN tahun ini,” paparnya.

Dengan tahun 2017 menjadi Visit ASEAN @ 50: Golden Celebration Year, atau peringatan 50 tahun ASEAN, Malaysia akan menjadi tuan rumah SEA Games ke-29 dari tanggal 19 – 30 Agustus 2017, dan ASEAN Para Games ke-9 dari tanggal 17 – 23 September, keduanya akan diadakan Di Kuala Lumpur.

“Perhelatan ini, bersama dengan atraksi baru termasuk Movie Animation Park Studios dan Genting Highlands Premium Outlet, diharapkan bisa menarik lebih banyak wisatawan ASEAN ke Malaysia,” pungkas Dato Seri Mohamed Nazri. [KM-01]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY