Asiknya Melancong Ke Malaysia Pada Bulan Ramadhan

MEDAN, KabarMedan.com | Kamu punya rencana untuk berkunjung ke Malaysia pada bulan Ramadhan tahun ini? Tidak perlu khawatir akan tempat makan yang tidak beroperasi atau objek wisata tutup, karena semua itu tidak akan Kamu jumpai.

Walaupun sebagian besar mayoritas penduduk Malaysia beragama Islam, akan tetapi aktifitas sehari-hari dan perkantoran berjalan seperti normal. Jika Kamu berkunjung ke kota besar seperti Kuala Lumpur dan Penang, maka Kamu tidak akan melihat perbedaan yang cukup signifikan, karena persentase umat Muslim di daerah ini lebih rendah dari pada lainnya.

Maka tidaklah heran, jika Kamu mem-booking penginapan di daerah Bukit Bintang Kuala Lumpur atau daerah Georgetown, kemeriahaan dan hinggar bingar kota tetap berlangsung seperti biasa. Pada umumnya, suasana di siang hari akan terlihat lebih sepi dengan mobilitas yang cukup rendah, akan tetapi itu semua berubah setelah matahari terbenam ketika jam buka puasa tiba.

BACA JUGA

Berikut adalah beberapa hal-hal unik yang terjadi selama bulan puasa di Malaysia:

1. Jom makan-makan

Malaysia merupakan surga makanan bagi para pencinta kuliner dan tentunya para turis tidak ingin merasa kecewa apabila ternyata banyak tempat makan yang tutup pada bulan puasa. Tapi tenang saja, Kamu tidak perlu merasa khawatir karena banyak tempat makan dan restoran yang tetap beroperasi seperti biasa, apalagi jika tempat makan berlokasi di daerah padat turis.

Sebagai informasi, tempat makan Chinese dan India akan buka seperti biasa, sedangkan tempat makan atau pedagang kaki lima yang dimiliki oleh orang Malaysia akan tutup pada siang hari dan baru beroperasi pada malam hari menjelang buka puasa. Jika Kamu tidak mau susah-susah untuk mencari tempat makan, maka pergi ke mall adalah tempat yang pas karena semua restoran dan food court akan buka seperti biasa.

2. Ramadhan Buffet

Sudah menjadi tradisi selama bulan puasa jika banyak hotel, restoran, dan tempat makan yang mengadakan buffet Ramadhan atau yang biasa dikenal dengan makan sepuasnya. Jika Kamu jalan-jalan ke Malaysia pada bulan puasa, Kamu harus mencoba sensasi buka puasa ala buffet Ramadhan, dimana Kamu cukup bayar per orang dan dapat menikmati seluruh hidangan yang disajikan, baik makanan dan minuman.

Jika biasanya konsep makan buffet di Indonesia selalu diterapkan di restoran-restoran yang berlokasi di mall atau hotel, maka lain hal nya di Malaysia. Kamu dapat menikmati buffet spesial ramadhan di tempat makan food court ataupun tempat makan biasa dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Bazaar Ramadhan

Mau mencicipi makanan khas China, India, dan Malaysia dengan cita rasa asli dan harga terjangkau? Maka datanglah ke Bazaar Ramadhan dengan konsep open-air yang banyak digelar di berbagai sudut kota di Malaysia. Datang kesini memberikan kesempatan bagi Kamu untuk mencicipi makanan khas yang lezat dari ketiga budaya, mulai dari asam laksa penang, nasi kukus ayam, ayam golek, nasi ambang, murtabak, dan roti jala.

Selain itu aneka kue traditional juga dapat dinikmati, seperti curry puff, kuih tayap, seri muka, dan muah chee alias moaci. Berbagai aneka ragam minuman segar juga dijual disini, mulai dari air mata kucing yang memiliki rasa seperti liang teh, asam boi, sirap bandung, cendul, hingga coconut milkshake. Bazaar Ramadhan dimulai dari pukul 16.00-18.30 waktu setempat.

4. Jam 18.00 – 20.00 adalah jam rawan

Rawan bukan berarti bahaya, melainkan antara jam 6 sore – 8 malam merupakan jam tersibuk di Malaysia pada waktu bulan puasa, baik padat di jalanan maupun tempat makan. Jika Kamu berencana untuk keluar mencari makan malam pada bulan puasa, ada baiknya jika Kamu pergi sebelum jam 6 sore atau sesudah jam 8 malam agar terhindar dari kemacetan dan tempat makan yang fully-booked. Akan tetapi jika Kamu adalah umat Muslim dan ingin berbuka puasa bersama dengan sanak saudara maka lebih baik lakukan pemesanan tempat sekitar jam 6 sore terlebih dahulu. [KM-01]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY