Cara Transfer File Menggunakan Wi-Fi Direct pada Blackberry 10

Tidak sedikit para pemilik Blackberry 10 tidak mengetahui peran penting fitur Wi-Fi Direct yang tertanam di perangkat itu. Sebenarnya apa itu Wi-Fi Direct. Secara umum Wi-Fi Direct adalah teknologi yang mempu menghubungkan dua buah perangkat untuk saling bertukar file satu sama lain, tanpa menggunakan jaringan Internet. Secara mendasar, fungsinya serupa dengan Bluetooth. Hanya saja Wi-Fi Direct mampu mentransfer file dengan kecepatan lebih tinggi dan dengan radius 100 meter. Selain di Blackberry 10 Wi-Fi Direct juga digunakan pada ponsel cerdas lainnya,  termasuk televisi pintar, laptop, dan game console.

Sebenarnya pun fitur Wi-Fi Direct sudah ada di perangkat Blackberry 10.2. Hanya saja pada versi tersebut Wi-Fi Direct belum terlalu diunggulkan. Pada Blackberry 10 ini fitur Wi-Fi Direct kian disempurnakan untuk memudahkan para pengguna.

Cara Menggunakan Wi-Fi Direct

BACA JUGA

  1. Aktifkan Wi-Fi Direct pada kedua perangkat Blackberry 10, dengan cara masuk ke menu Settings > Jaringan dan Koneksi > Wi-Fi > Wi-Fi Direct.
  2. Tunggu hingga Blackberry 10 mendeteksi keberadaan perangkat lain. Jika sudah, pilih daftar perangkat yang muncul untuk memulai hubungan .
  3. Selanjutnya perangkat tujuan akan mendapatkan peringatan untuk penyambungan, yang ditandai dengan adanya popup box. Pilih Accept atau Sambung.
  4. Pilih file yang akan ditransfer. Kemudian, pilih tombol Share.
  5. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan metode Share, pilih saja yang Wi-Fi Direct.
  6. Jika sudah, maka selanjutnya muncul daftar perangkat yang menggunakan Wi-Fi Direct yang telah terhubung. Silahkan pilih salah satu perangkat tujuan, maka proses transfer pun dimulai.

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY