Filmmaker Anak Muda Medan Padati The 5-Min Video Challenge

MEDAN,  KabarMedan. com  | Para filmmaker anak muda Medan mendapatkan kesempatan mengikuti workshop cara untuk memproduksi video pendek berkualitas internasional pada kompetisi ‘The 5-Min Video Challenge’.

Mengangkat tema’ Connecting Lives’, kompetisi ini menantang kreativitas dan pemikiran partisipan untuk menginterpretasikan hubungan antara cara kita melihat dunia dan bertindak sehari- hari, dengan berbagai kejadian yang mengantarkan kita pada hal-hal penting dalam hidup.

Video berdurasi 5 menit tersebut juga bisa menjawab berbagai pertanyaan mengenai hal-hal yang dapat memisahkan maupun menghubungkan kita pada sesama.

BACA JUGA

Sosialisasi The 5-Min Video Challenge di Medan diikuti lebih dari 300 orang dari Komunitas Film Maker se Kota Medan, Mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi jurusan Multimedia dan mengajak anak muda Medan yang punya minat dan bakat di bidang fotografi, film dan akting.

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pengadilan Semu, Fakultas Hukum USU pada Rabu (30/8/2017), seluruh peserta akan mengikuti workshop secara gratis dengan pembicara Mouly Surya (Film Director) dan Ilya Sigma (Script Writter).

Dalam workshop ini, peserta diberikan kesempatan seluas luasnya untuk bertanya, menggali informasi untuk mengembangkan kreativitas dan potensi yang dimiliki.

“Kegiatan The 5-Min Video Challenge memberikan kesempatan untuk anak muda medan para filmmaker Indonesia untuk meningkatkan ilmu mengenai bahwa konten video yang berkualitas memiliki kekuatan untuk menyatukan orang-orang dari berbagai belahan dunia,” kata General Manager Digital Product Area Expansion Sumatera Robby A Cahyadi.

Pada kompetisi domestik, para juri akan memilih 10 kandidat video terbaik. Dari 10 kandidat tersebut, akan dipilih kembali 5 video favorit berdasarkan voting terbanyak yang masing-masing berhak mendapatkan Rp. 50 juta, serta 2 video terbaik pilihan dewan juri yang masing-masing berhak mendapatkan uang tunai Rp. 150 juta dan Rp. 75 juta.

Kedua tim finalis akan mewakili Indonesia untuk berhadapan dengan pemenang-pemenang dari negara lain di final kompetisi regional di Singapura

Seluruh tim finalis yang berasal dari Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, Australia, Gabon, dan Ghana akan berkompetisi di babak final yang diadakan di Singapura pada tanggal 22 November 2017.

Pada tahap ini diumumkan 2 video favorit regional dengan voting terbanyak, serta pemenang utama berdasarkan penilaian panel juri.

Pemenang utama kompetisi regional tersebut akan mendapatkan USD 30 ribu dan pemenang kedua akan mendapatkan USD 15 ribu. Sedangkan 2 video favorit regional dengan voting terbanyak akan mendapatkan USD 3 ribu dan USD 2 ribu.

Di kompetisi ini, sederetan nama yang tidak asing lagi di dunia perfilman nasional akan ikut serta sebagai juri, yaitu Joko Anwar, Mouly Surya dan Lucky Kuswandi.

Selain itu, ada guest speaker yang akan ikut serta dalam rangkaian workshop di berbagai kampus untuk memberikan gambaran lebih lengkap mengenai kompetisi ini dan berbagi tips pembuatan video (videomaking), yaitu Dimas Djayadiningrat, Fajar Nugros, Darius Sinathrya, Aghi Narottama, Cut Mini, Ilya Sigma, Salman Aristo, dan Jenny Yusuf.

Workshop The 5-Min Video Challenge sendiri akan diadakan di berbagai kampus di tujuh kota di Indonesia yaitu di Surabaya (21 Agustus), Makassar (24 Agustus), Bandung (29 Agustus), Medan (30 Agustus), Jakarta (4 dan 18 September), Bali (6 September), Yogyakarta (8 September).

Telkomsel juga menghadirkan sosialisasi product knowledge mengenai manfaat Tcash dan kegunaannya di kalangan mahasiswa untuk dapat menukarkan poin serta mendapatkan produk Telkomsel dengan penawaran harga terbaik. [KM-03]

 

 

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY