Forda UKM Sumut Edukasi Hukum dan Sosialisasi Perizinan Bagi UMKM

MEDAN, KabarMedan.com  | Melanjutkan kegiatan Posko pengaduan korban sweeping, intimidasi dan pungli yang dilakukan oleh aparat, Forum Daerah Usaha Kecil dan Menengah (Forda UKM) Sumatera Utara, beberapa minggu ke depan akan mengadakan edukasi hukum dan sosialisasi perizinan bagi kalangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Sumatera Utara.

“Kita menginginkan pelaku UMKM melek hukum, sehingga tidak mudah diperdaya oknum-oknum yang mengganggunya. Kita juga mendorong agar pelaku UMKM melengkapi perizinannya dan taat pajak. Itu semua demi bisnisnya juga agar bisa berkembang lebih sehat,” kata Ketua Forda UKM Sumut, Lie Ho Pheng, Sabtu (4/11/2017).

Sementara itu, Sekretaris Forda UKM Sumut, M. Fachriz Tanjung mengatakan, setidaknya bila para pelaku UMKM memahami tentang produk hukum yang terkait dengan bisnisnya, para pengusaha menjadi lebih siap dan berani menghadapi aparat nakal.

BACA JUGA

“Minimnya pengetahuan tentang hukum, menjadikan para pelaku UMKM sebagai objek intimidasi dan pemerasan,” ujarnya.

Fachriz mengatakan, Forda UKM akan melakukan sosialisasi tentang perizinan yang terkait dengan aktivitas usaha para pelaku UMKM itu sendiri.

“Sosialisasi ini menggandeng dinas yang menangani perizinan dimaksud, sebagaimana telah dilakukan Forda UKM Sumut minggu lalu, dengan menghadirkan dari Dinas ESDM Sumut, Dinas Lingkungan Hidup Sumut dan Dinas Penanaman Modal dan KPPTSP Sumut,” ungkapnya.

Fachriz juga mengungkapkan, keberadaan Posko Pengaduan UMKM, kerjasama Forda UKM Sumut dengan LBH Medan, yang berada di kantor LBH Medan, Perbaungan, Binjai, Tebingtinggi, Karo dan kantor LBH Medan Pos Kisaran.

Sejak posko didirikan hingga saat ini, menurut Fachriz didampingi Koordinator Posko, Tengku Bobby Lesmana, setidaknya sudah menerima belasan laporan tertulis dan puluhan laporan lisan.

“Laporan ini akan kami tindak lanjuti setelah dianalisa terlebih dahulu. Nanti kita tentukan apa langkah-langkah yang akan diambil Forda UKM Sumut dan LBH Medan,” pungkasnya. [KM-03]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY