Kiat Membersihkan Perlengkapan Ruang Makan

MEDAN | KabarMedan.com | Banyak orang kerap mengabaikan kebersihan perlengkapan ruang makan. Padahal, ruang makan yang bersih dan higienis adalah syarat dari susasana makan yang lebih nyaman dan sehat. Bersihkanlah semua perlengkapan ruang makan dari segala kotoran setiap harinya. Mulai dari meja makan, kursi, tutup nasi, lampu ruang makan, dan sebagainya.

Bersihkan debu yang melekat
Kendati tidak terlihat, debu selalu ada di sekeliling kita. Di ruang makan, bersihkanlah meja makan dari debu yang melekat, baik sebelum dan sesudah makan. Cara membersihkannya Anda bisa menggunakan kain yang lembut, dan jangan lupa basahi sedikit agar sedikit lembab. Akan lebih bagus lagi jika sesekali mengelapnya dengan sampo khusus agar selain bersih, meja dan aneka peralatan lainnya bisa mengkilap.

Gunakan mayones untuk membersihkan sisa minuman
Ternyata mayones yang sedap itu bisa digunakan untuk membersihkan sisa minuman yang membekas di meja. Terkadang noda itu sulit untuk dihilangkan dengan kain basah. Untuk itu, gunakan mayones dengan cara menggosokkan secara berulang-ulang pada noda tersebut, hingga benar-benar hilang dan tak membekas.

BACA JUGA

Sapu bersih lantai
Pastikan Anda menyapu bersih lantai ruang makan sebelum dan sesudah makan, kemudian dipel. Jika menggunakan karpet, sebaiknya gunakan alat khusus yang diperuntukkan membersihkan karpet.

Singkirkan sampah
Kita juga terkadang abai dengan sampah yang menumpuk di ruang makan. Bersihkan sampah untuk menghindari munculnya biang penyakit.

Bersihkan celah-celah meja
Ini khusus bagi Anda yang memiliki meja atau kursi makan klasik, yang identik dengan celah-celah ukiran di berbagai sudutnya. Biasanya banyak debu dan kotoran yang hinggap di celaah-celah. Jika dibiarkan lama-lama kotoran akan sulit dihilangkan. Agar lebih mudah gunakanlah sikat gigi bekas untuk membersihkannya.

Atur posisi
Nah, setelah meja, kursi, lantai dan perlengkapan ruang makan lainnya bersih, dan mengkilap, selanjutnya yang tak kalah penting adalah selalu perhatikan penataan posisinya. Pastikan meja dan kursi serta lainnya ditata pada posisi yang tepat agar enak dilihat dan tentunya menjadi lebih nyaman saat digunakan. [KM-02]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY