Klik46: Aplikasi Kasir Online Untuk Memudahkan Wajib Pajak UMKM

MEDAN, KabarMedan.com | PT Dataklik Media Nusantara menggelar soft launching aplikasi kasir online dan pajak UMKM bersama “Klik46”.

Aplikasi yang dioperasikan menggunakan telepon genggam berbasis Android ini, diciptakan untuk menjawab kesulitan pelaku usaha UMKM dalam melakukan pencatatan transaksi usaha yang terintegrasi dengan penghitungan, pembayaran dan pelaporan PPh UMKM sesuai dengan PP No. 46 Tahun 2013.

“Kami bangga memperkenalkan aplikasi pertama di Indonesia ini. Aplikasi ini menawarkan dua manfaat sekaligus bagi pelaku UMKM, yaitu layanan kasir online dan PPh UMKM dalam 1 aplikasi  digital ini,” kata Leonard Tarigan, salah satu founder Klik46, di Cafe Potret, Sabtu (11/11/2017).

BACA JUGA

Menurut Leonard, aplikasi Klik46 diciptakan bersama dengan Laurent Malau sebagai Co-Founder, setelah sebelumnya melakukan riset dan pengamatan tentang kegiatan usaha dan kewajiban perpajakan yang dilakukan oleh pelaku UMKM.

Sebagian besar dari UMKM, masih melakukan pencatatan transaksi secara manual dan ingin meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajaknya. Pencatatan manual dilakukan mengingat terbatasnya biaya yang terbilang mahal untuk dapat menggunakan sistem pencatatan dengan media komputer atau media digital lain.

“Kami juga melihat ada kendala besar dalam aspek kemudahan bagi pelaku UMKM untuk melakukan kewajiban pajak sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang,” ujarnya.

Aplikasi klik46 dapat diunduh seluruh pelaku UMKM secara gratis melalui Play Store telepon genggam, dimana pun berada dan mendapatkan laporannya secara langsung (real time).

“Dengan adanya kemudahan seperti penggunaan Aplikasi Klik46, pelaku UMKM, diharapkan lebih bersemangat dalam menjalankan aktifltas usahanya dan makin meningkatkan kesadaran pajak untuk kemajuan bangsa Indonesia tercinta,” ungkapnya.

Rudy Yohnwein, CEO PT Dataklik Media Nusantara mengungkapkan, banyak pelaku UMKM yang ingin membayar PPh final sebesar 1 persen yang ditetapkan pemerintah, namun kesulitan dalam melakukan perhitungan, pembayaran, bahkan pelaporan SPT Tahunannya.

“Hal inilah yang menjadi ide Kami di Tim Klik46 untuk menciptakan, mempersembahkan dan akan mengembangkan Aplikasi ini untuk pelaku UMKM dalam proses menjalankan dan mengembangkan usahanya,” ucapnya.

Seluruh fitur dan layanan dalam Aplikasi Klik46 sangat mudah digunakan siapa saja, kapan saja dan dimana saja, sehingga sangat memudahkan pelaku UM KM dalam menjalankan usahanya karena hemat waktu dan biaya.

“Sangat lengkap, diawali sebagai mesin kasir untuk mencatat penjualan, merekam biaya sampai dengan menampilkan Laporan Laba/(Rugi),” cetusnya.

Layanan PPh UMKM dalam Aplikasi Klik46 juga sangat akurat, disertai dengan analisis pajak sehingga dapat menyajikan kewajiban pajak yang benar sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku.

“Dengan menggunakan aplikasi ini, Pelaku UMKM tidak lagi was-was akan kewajiban pajak yang harus dilakukan, membayar PPh UMKM setiap bulan sekarang bisa dilakukan dengan sekali klik melalui telepon genggam, begitu juga dengan Pelaporan SPT Tahunan 1770 pasti beres,” pungkasnya. [KM-03]

 

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY