Memahami Istilah Aneh dan Unik di Situs Belanja Online

Ilustrasi

MEDAN, KabarMedan.com | Berbelanja di online shop sekarang ini sudah jadi bagian gaya hidup hampir semua anak muda. Bahkan bukan anak muda saja, sekarang dari mulai anak kecil, dewasa sampai mungkin Mama, Tante dan Nenek kita juga udah sering berurusan sama yang namanya online shop atau situs belanja online.

Nah sebagai pengguna dari situs belanja online, kita harus tahu dong cara belanja di online yang baik dan benar biar nggak mudah kena tipu-tipu sama orang-orang yang tidak bertanggung jawab diluar sana.

Tapi jangankan jadi smart buyer, sebagai pemula atau mungkin yang udah sering belanja di online pun masih bingung sama istilah-istilah yang biasanya dipakai di situs belanja online.

BACA JUGA

Nah biar kitanya nggak malu-maluin dan jadi smart buyer kita juga harus tahu dan juga mengerti apa aja istilah-istilah yang ada di situs belanja online ini. Check it out!

1. AGAN

Di salah satu situs belanja online KASKUS, kata ini mungkin cukup familiar ya. Yup bener banget, kata ini merupakan kependekan dari Juragan, yang merupakan panggilan sesama member KASKUS. Kalo buat cewek panggilannya Aganwati.

2. BNIB

Suka bingung nggak sih kalo kita lagi ada disitus belanja online terus banyak orang yang komen di bawah barangnya kaya gini “ini BNIB??” “BNIB gan?”. Sebenernya apa sih BNIB itu? BNIB itu singkatan dari Brand New In Box. Ini istilah untuk produk baru yang dijual full beserta kemasannya.

3. BNWOT

Nah kalo yang ini singkatan dari Brand New Without Tag. Istilah untuk produk dengan kondisi baru tapi tanpa tag harga dan mereknya. Jadi kaya barang yang langsung diambil dari pabriknya atau kita dapetin dari pengumpul yang emang khusus jual-jual barang seperti ini.

4. CMIIW

Ini juga sama singkatan dari Correct Me If I Wrong, atau Koreksi Saya Bila Saya Salah. Biasanya ini digunakan waktu banyak customer yang ngasih review dari produk yang ada, dan kita bisa liat preview-nya satu per satu. Singkatan ini sebenernya untuk menghindari kesoktauan dari seseorang.

5. JAPRI

Japri = Jalur Pribadi. Istilah lain dari PM mungkin ya, istilah ini dipake supplier jika customer-nya ingin mengajukan order atau tanya-tanya tentang harga. Karena biasanya jika di kolom yang mudah diliat orang kayak kolom komen, supplier nggak mau jawab karena bakal memengaruhi branding dari si produk itu sendiri walaupun nggak semuanya juga sih. Tapi ada manfaatnya juga kok, kita bisa lebih intens nanya-nanya sama si supplier.

Ini ada beberapa istilah lagi yang mungkin bisa bantu kita memahami istilah di situs belanja online.

Pertamax = Pertama kali. User yang pertama kali me-reply
Prikitiew = Preview
Afgan = Sadis. (Kalo nawar jangan Afgan; maksudnya jangan terlalu sadis nawarnya)
Rosa = Tega. (Sama kaya Afgan)
Sedot = Download
Sotosop = Photoshop
Sundul = Me-reply thread dengan tujuan mengangkat thread tersebut ke halaman pertama. [KM-01]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY