Mengapa Lampu Kabin Pesawat Diredupkan Sebelum Terbang Atau Mendarat?

MEDAN, KabarMedan.com | Apakah alasan di balik redupnya lampu kabin pesawat sebelum terbang atau mendarat? Seorang pilot mengungkapkan alasan pentingnya lampu kabin pesawat diredupkan sebelum terbang atau mendarat.

“Membuat kabin gelap sebelum pendaratan adalah ukuran keamanan penting yang bisa berpotensi menyelamatkan nyawa penumpang,” kata Pilot Chris Cook, Jumat (24/3/2017).

Chris Cooke, yang bekerja untuk sebuah perusahaan penerbangan domestik menganalogikan, saat manusia tengah berada di ruang yang sangat terang dan penuh dengan rintangan.

BACA JUGA

Namun ketika terjadi sesuatu dan ruangan menjadi gelap, apakah bisa dengan cepat keluar menuju pintu keluar? Artinya, keredupan cahaya dapat diartikan sebagai antisipasi jika sesuatu terjadi agar penumpang secara mudah menemukan pintu keluar.

Dia menuturkan dalam keadaan terang akan lebih sulit bagi mata manusia untuk menyesuaikan saat kegelapan terjadi akibat keadaan darurat.

“Peredupan lampu kabin sebelum pendaratan lebih pada mempersiapkan penumpang untuk menemukan jalan ke pintu keluar darurat,” sebutnya.

Selain itu, aturan lainnya adalah awak kabin biasanya akan meminta penumpang untuk membuka penutup jendela pesawat sebelum mendarat. Hal ini tujuannya untuk membiarkan cahaya alami masuk ke pesawat.

Jadi jika lampu kabin terputus saat kondisi kritis, akan lebih mudah bagi penumpang untuk melihat jalur menuju pintu keluar darurat. [KM-01]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY