Negeri Perak Gencarkan Misi Pelancongan Ke Medan Dan Jakarta

MEDAN, KabarMedan.com | Negeri Perak kembali mengembangkan pasarnya ke tahap internasional, kali ini ke Medan dan Jakarta. Program misi penggalakan pelancongan ke Medan dan Jakarta ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan taman tema seperti Movie Animation Park Studios (MAPS) dan The Lost World of Tambun.

Movie Animation Park Studios (MAPS) yang diakui sebagai satu-satunya Taman Tema Animasi di Asia, akan buka perdana pada 26 Juni 2017. MAPS mempunyai lebih dari 40 atraksi di 6 zona tema, dan pertunjukan aksi mobil stunt (car stunt show) pertama secara langsung di Asia, yang dipersembahkan atas kerjasama Dreamworks dan BoboiBoy.

“Program promosi ini bertujuan untuk memberikan tempat dan kesempatan kepada agen-agen perjalanan Indonesia dan Perak untuk bertemu dan mengembangkan jaringan profesional, yang akan melahirkan peluang bisnis satu sama lain. Serta meningkatkan lagi wisata perobatan (medical tourism) kepada agen industri perjalanan (travel agent) di Indonesia, sebagai bagian rangkaian kegiatan dari usaha memeriahkan Tahun Kunjungan Perak 2017,” kata Direktur Tourism Malaysia Medan, Azhari Haron, dalam kesempatan Tourism Perak Sales Mission 2017 “Buyers Meet Sellers”, yang diadakan di Grand Aston City Hall, Medan, Senin (8/5/2017).

BACA JUGA

Perak merupakan negeri yang kaya dengan khazanah sejarah, budaya, cerita rakyat dan warisannya. Dengan berbagai produk wisata dan kemudahan yang ada di Perak, delapan lokasi telah dipilih untuk mewakili Perak sebagai destinasi bertaraf Internasional, yaitu Royal Belum, Pangkor Island, Lenggong Valley, Sungai Klah Hotsprings Retreat, Matang Mangrove Forest Reserve, Tempurung Cave, Kuala Kangsar, Orang Utan Island, Zoo Taiping & Night Safari, serta Ipoh.

“Pada pertengahan tahun 2016, Ipoh telah terpilih sebagai 6th Best Place to Visit in Asia oleh The Lonely Planet untuk kompilasi mereka di “Best in Asia 2016”. Negeri Perak juga terpilih sebagai 9th Top Region in the World to Visit in 2017, untuk kompilasi Best in Travel 2017 oleh the Lonely Planet,” ujar Azhari.

Ipoh juga telah terdaftar oleh US News sebagai salah satu dari sembilan Kota terbaik dari segi kemampuan untuk pensiun di dunia. Pada tahap nasional, Jabatan Statistik Negara telah melaporkan bahwa Perak adalah negeri dengan pengunjung domestik yang tertinggi di Malaysia.

Dalam rangkaian Tahun Kunjungan Perak 2017, Perak menyelenggarakan beberapa acara dan program kegiatan internasional, diantaranya Ipoh Cycle Fest, International Tourism Expo, World Eco-Tourism Expo, Festival Puisi dan Lagu Rakyat, Pangkor International Development Dialogue, Perak International Magic Festival, Perak International Drum Festival, Royal Belum Eco Challenge, Ipoh International Waiter Race, Perak International Century Ride, Royal Belum International Bird Expedition, International Blues & Raggae Festival, Ipoh International Race, The 6th Ipoh International Dance sport Championship, dan Pesta Laut Pangkor.

Untuk acara kegiatan lokal, Perak menyelenggarakan Songkran Festival, Perak Crafts Fair, Durian Fruit Festival, Arts Fest, Ipoh Cultural Parade, The Other Festival, Royal Belum Anglers Challenge, 7th Classic Cars Rally dan banyak lagi.

“Perak merupakan tempat yang ideal untuk berlibur karena mempunyai segmen liburan yang menarik dan cocok untuk semua kalangan. Perak bukan saja terkenal dengan makanan halal serta tidak halal dan keragaman budaya, tetapi juga menawarkan beberapa kegiatan di waktu luang (leisure activity) seperti golf, hot spring dan spa kesehatan, taman tema serta seni mural,” papar Azhari.

Negeri Perak sendiri menargetkan untuk meningkatkan lebih banyak lagi wisatawan mancanegara menikmati destinasi-destinasi wisata menarik di Perak, dan menjadikan Perak sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Asia. [KM-01]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY