Pemenuhan Listrik di Sumut Harus Ditindaklanjuti dengan Tepat

MEDAN, KabarMedan.com |  Kehadiran Marine Vessel Power Plant (MVPP) Onur Sultan atau kapal pembangkit listrik di Belawan tidak hanya menyelesaikan defisit listrik di Sumut.

Namun, dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah Indonesia dalam hal ini PLN dengan Pemerintah Turki melalui PT Karpowership, diharapkan akan terjadinya transfer knowledge atau alih ilmu pengetahuan dan pemahaman mengenai Kapal Pembangkit Listrik terbesar di dunia tersebut.

General Manager PLN Pembangkitan Sumbagut Bambang Iswanto, mengatakan pemenuhan kebutuan listrik di Sumut harus ditindaklanuti dengan depat. Untuk itu, pemilihan MVPP dinilai sangat tepat sembari menunggu beroperasinya sejumlah pembangkit listrik di Sumut lainnya.

BACA JUGA

Apalagi, katanya, penggunaan MVPP tidak membutuhkan areal yang luas dan juga instalasi terbangun dengan cepat karena Kapal yang datang sudah memiliki power plant diatasnya.

“MVPP Onar Sutan bisa membantu defisit kelistrikan yang terjadi di Sumut yang sebelumnya defisit sekitar 5-7 persen defisit. Saat ini kita sudah surplus 5-6 persen dari kebutuhan 1850 Mega watt. Memang idealnya surplus ini paling tidak 30 persen. Tapi setidaknya sudah bisa membantu sembari kita menunggu cadangan-cadangan listrik lain dari pembangkit yang dalam proses pembangunan,” pungkasnya. [KM-03]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY