Pesawat Tempur TNI AU Terbang Tiap Pagi Bangunkan Sahur

JAKARTA, KabarMedan.com | Masyarakat di beberapa daerah, setiap menjelang sahur selama bulan ramadhan ini sering mendengar pesawat tempur TNI Angkatan Udara meraung-raung di udara. Sebagian orang bertanya-tanya, ada apa gerangan.

Untuk mengekspresikan rasa penasaran karena setiap menjelang waktu sahur selalu diiringi suara pesawat tempur lewat di atas rumah, netizen pun saling berbagi informasi di media sosial.

TNI AU melalui akun Twitter @_TNIAU pun tergelitik untuk memberikan penjelasan kepada netizen, atau mereka istilahkan airmen.

BACA JUGA

“Selamat pagi, airmin mau sedikit kultwit tentang mblayer-mblayer di pagi buta yang beberapa hari ini viral di medsos,” tulis admin alias airmin TNI AU.

Pesawat-pesawat tempur tersebut terbang sebagai bagian dari meningkatkan kemampuan pilot.

“Untuk menjaga profesionalisme dan regenerasi kemampuan tempurnya, para pilot TNI AU mempunyai program latihan “terbang malam,” tulis admin.

Latihan terbang, katanya, normalnya memang dilaksanakan pada malam hari, paling awal saat matahari mulai tenggelam sampai dengan tengah malam. Tapi, kenapa dilakukan di waktu subuh.

Katanya, dengan padatnya jadwal operasi pengamanan wilayah udara nasional, maka beberapa satuan “mengemas” terbang malam menjadi terbang subuh.

Kebetulan bersamaan dengan datangnya bulan ramadhan, maka terbang malam digeser menjadi terbang subuh dengan beberapa alasan. Penjelasan admin TNI AU kemudian bikin ngakak.

“Selain agar dapat memaksimalkan ibadah di malam hari, terbang subuh dilaksanakan sekalian membangunkan sahur airmen di beberapa tempat,” tulis admin.

Dijelaskan latihan terbang malam ada beberapa macam: divertion, navigasi, touch and go, dan instrument approach di beberapa landasan seperti Yogyakarta dan Solo.

Jadi, katanya, warga yang tinggal di sekitar landasan dan rute navigasi yang dilalui akan dapat melihat atau mendengar deru pesawat tempur yang lewat.

“Jadi kira-kira pelaksanaan terbang subuh ini untuk win-win solution dimana profesionalisme tetap terjaga & ibadah juga bisa dilaksanakan dengan khusyuk,” tulis admin.

“Demikian sedikit yg dapat airmin sampaikan tentang “keisengan” mblayer-mblayer menjelang sahur, semoga dapat dinikmati oleh semua, met puasa,” admin menambahkan.

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY