Protes Pembersihan Lahan, Massa Rubuhkan Pagar Kantor PTPN II    

MEDAN, KabarMedan.com | Ratusan warga mengatasnamakan Masyarakat Adat Sibayak Lau Cih berunjuk rasa di kantor PTPN 2 di Desa Simalingkar A, Pancur Batu, Deli Serdang, Kamis (10/8/2017).

Dalam aksinya, warga yang didukung anggota dua ormas kepemudaan menuntut dihentikannya pembersihan lahan yang dilakukan BUMN tersebut.

“Berdasarkan hasil RDP di DPRD Sumut beberapa waktu lalu menyatakan seluruh aktivitas di lokasi ini dihentikan sementara. Tapi kenapa mereka mengabaikan surat tersebut,” kata koordinator aksi, Iwan Tarigan.

BACA JUGA

Pengunjukrasa sempat emosi dan mendorong gerbang kantor PTPN II hingga tumbang. Hal ini dikarenakan pengunjukrasa dilarang masuk ke pekarangan kantor. Ratusan anggota kepolisian juga menutup gerbang.

Akai dorong sempat terjadi, hingga polisi akhirnya membiarkan gerbang itu tumbang. Namun, mereka memasang pagar betis guna mencegah massa masuk ke kantor PTPN 2.

“Kami datang untuk menyampaikan tuntutan. Pak polisi jangan halangi kami,” teriak massa.

Emosi mereda setelah petugas kepolisian mempersilakan perwakilan massa untuk masuk ke kantor itu dan menyampaikan tuntutannya.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut, Syamsul Qodri Marpaung menegatakan, pihaknya akan turun langsung ke lokasi lahan tersebut pada 15 Agustus 2017 mendatang.

“Seluruh yang bertikai baik masyarakat dan PTPN ll akan kita jumpai untuk menyelesaikan pertikaian tersebut,” pungkasnya. [KM-03]

 

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY