Rumah Bergaya Eropa Menggunakan Lantai Kayu Semakin Diminati

Hunian bergaya Eropa memang tersohor lapang dan sejuk. Penggunaan lantai kayu murah serta penempatan ventilasi dan jendela pun menjadi penting. Tujuannya untuk memberi kenyamanan yang lebih pada rumah. Lalu bagaimana mengakali ruang agar tampak lebih lapang?

Sudah bukan rahasia jika hunian bergaya Eropa identik dengan lahan yang luas atau ruang lapang. Salah satu yang membuat rumah terasa lapang adalah adanya area terbuka (dan hijau) di dalam rumah, biasanya terletak di bagian belakang, yakni halaman belakang. Rasa lapang di dalam ruang juga didapat dari tata letak dapur yang mencuri perhatian.

Rumah-rumah orang Eropa  itu bermacam-macam. Akan tetapi salah satu yang menjadi ciri khasnya adalah rumah yang terbuka, banyak ventilasi udara, serta celah masuknya cahaya matahari. Ada banyak kiat yang bisa diaplikasikan untuk membuat ruang agar tampak lebih lapang seperti rumah bergaya Eropa. Berikut beberapa di antaranya.

BACA JUGA

  • Membuat area terbuka (hijau) di satu bagian rumah. Banyak kegunaan dari area ini, seperti tempat untuk bersantai, menerima tamu lebih intim, tempat untuk menekuni hobi, memberi jalan masuk bagi udara dan cahaya matahari, serta menambah kesan alami yang memanjakan mata serta pikiran.
  • Meninggikan salah satu bagian ruangan. Misalnya bagian dapur yang menjadi pilihan. Namun, Anda juga bisa memilih ruang lain dengan tujuan menghindarkan rasa terimpit atau pengap.
  • Membuat rak terbuka di satu bagian dinding. Misalnya ruang keluarga Anda pada awalnya adalah kamar tidur. Agar tampak lebih lapang, dipasang jendela pada dinding yang berbatasan dengan halaman belakang serta membuka bagian dinding lain. Awalnya, ada dua pintu di ruangan itu, pintu kamar dan pintu menuju akses kamar mandi. Anda akali dengan membuat rak pajangan di kedua lubang pintu tersebut.
  • Berkreasi dengan cat dinding dan wallpaper. Pemilihan keduanya dapat membantu melapangkan ruangan. Jangan takut untuk mencoba, karena tidak sedikit orang harus mengganti cat dapurnya beberapa kali sebelum menemukan padanan yang tepat.
  • Pintu masuk yang lebar serta pemakaian material kaca. Selain sebagai penanda konsep modern, penggunaan material kaca juga untuk menyamarkan keterbatasan ruangan. Sementara pintu yang besar ditengarai memiliki daya tarik besar pada persepsi setiap orang akan rumah yang lapang.

Demikianlah beberapa trik untuk mengakali ruang sempit pada hunian Anda, sehingga tampak lebih lapang seperti rumah-rumah orang Eropa. [KM-02]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY