Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

MEDAN, KabarMedan.com  | Waktu berpuasa dibelahan bumi utara lebih panjang dibanding dengan belahan bumi selatan. Untuk itu, kita perlu mengetahui “Kiat Sehat di Bulan Ramadhan” agar menjalankan puasa sepanjang bulan Ramadhan semakin bermanfaat.

“Berpuasa banyak memberi manfaat bagi kesehatan. Selain membantu mengurangi berat badan. Berpuasa dapat menurunkan resiko diabetes, mengurangi stress oksidatif, bermanfaat bagi kesehatan jantung dan kesehatan otak,” kata Dr. Ryki M. Sihombing, dari Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya, Medan, dalam media gathering dan buka puasa bersama, Kamis (15/6/2017).

Ia mengatakan, pada orang yang berpuasa akan terjadi perubahan pada fungsi sel, gen dan hormon didalam tubuh, seperti kadar insulin pada darah menurun signifikan, sehingga memfasilitasi pembakaran pada lemak dan pembentukan massa otot. Tubuh memicu proses perbaikan sel, seperti pembuangan zat racun dari sel.

BACA JUGA

“Terjadi perubahan yang menguntungkan pada beberapa gen dan molekul molekul yang berhubungan dengan proteksi terhadap Penyakit. Salah satunya penurunan resistensi insulin dapat membantu menurunkan kadar gula darah (resiko terkena diabetes berkurang),” ujarnya.

Selain membantu menurunkan kadar gula darah, berpuasa dapat pula meningkatkan resistensi tubuh terhadap stress oksidati dan memperbaiki beberapa faktor resiko penyakit jantung, seperti tekanan darah, kadar kolesterol, kadar gula darah.

“Karenanya apa yang baik untuk tubuh baik juga untuk otak, yaitu memperbaiki beberapa proses metabolisme yg dianggap penting utk kesehatan otak,” jelasnya.

Selain pentingnya berpuasa bagi kesehatan tubuh dan otak, tidak kalah pentingnya adalah menyiapkan dan menjalankan sejumlah kiat sehat, seperti menu sehat santap sahur dan berbuka, hindari makanan berlemak dan perbanyak makan sayuran dan buah-buahan, serta minum yang cukup dan saat santap sahur hindarilah minum kopi atau teh.”Kita juga harus berolahraga ringan, menjaga kebersihan gigi dan mulut selama berpuasa, beraktifitas secara normal,” tambahnya.

Tak hanya itu, orang yang berpuasa sebaiknya menghindari minum dingin atau es. Saat berbuka puasa, hendaknya tidak makan sekaligus namun secara bertahap. “Bila diperlukan konsumsi multivitamin yg dapat meningkatkan daya tahan dan istirahat yang cukup,” cetusnya.

Sebelumnya, dr Adinata Zein Eksekutif Direktur (CEO) Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya, Medan mengatakan, buka puasa bersama para jurnalis ini merupakan yang pertama kali digelar.”Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi dan dapat membuka komunikasi antara Rumah Sakit dengan para jurnalis di Medan,” akunya.

dr Mangantar Marpaung, MM Kes, Direktur Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya, Medan mengaku, Rumah Sakit Siloam berencana akan menjangkau pelayanan kesehatan hingga ke pelosok desa.

“Saat ini terdapat 28 Rumah Sakit Siloam di Indonesia. Kedepan akan ada 109 rumah sakit Siloam di seluruh Indonesia. Ini Untuk menjangkau pelayanan kesehatan hingg ke pelosok desa,” pungkasnya. [KM-03]

Komentar Kamu

LEAVE A REPLY