Wagubsu Harapkan IIDI Perkuat Sosialisasi Hidup Sehat

MEDAN, KabarMedan.com | Wakil Gubernur Sumatera Utara, Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, mengimbau Ikatan Isteri Dokter Indonesia (IIDI) Sumut berperan aktif dalam meningkatkan mutu dan kualitas kesehatan masyarakat. Salah satunya adalah dengan melakukan sosialisasi hidup sehat, terutama bagi keluarga kurang mampu.

Imbauan ini dikemukakan Tengku Erry Nuradi saat menerima audiensi pengurus dan panitia Muktamar IIDI Nasional ke XX di ruang kerjanya di kantor Gubernur Sumut, Jl Diponegoro Medan, Rabu (27/5/2015).

Hadir dalam audiensi itu Ketua panitia pelaksana Muktamar Fahrizar Iskandar Hasibuan, Ketua I Ny rahayu S Chyril, Sekretaris Ny Masdewani Gofar dan Wakil ketua Ny Nusa Setiawan. Sementara Wagub Sumut didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan Sumut dr Retno Sari Dewi Mkes, Kabid Aftel Dinas Kominfo Eli Suhaeri dan Kabid Kesbang Muhammad D.

Dalam kesempatan tersebut, Erry menyatakan, IIDI Sumut memiliki peran strategis dalam mendorong mutu dan kualitas masyarakat. Selain merupakan keluarga besar tenaga medis yang memahami persoalan kesehatan, IIDI Sumut layak membantu peran suami dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Misalnya dengan melakukan sosialisasi akan pentingnya hidup sehat kepada masyarakat. IIDI Sumut harus mampu menanamkan prinsif dilingkungan masing-masing, lebih baik mencegah daripada mengobati. Mencegah sakit lebih ringan biayanya dibandingkan dengan mengobati jika sakit,” ujar Erry.

Persoalan gizi juga hal yang tidak kalah penting. Untuk itu, IIDI Sumut diharapkan memiliki program kerja yang spesifik, seperti Program Peduli Gizi Balita di Sumut. Program tersebut diyakini akan menekan angka kekurangan gizi balita.

“IIDI Sumut juga memiliki kemampuan dalam menggelar Program Pencegahan HIV-AIDS. Semakin banyak pihak yang peduli akan pentingnya antisipasi, maka penularan HIV dapat ditekan di Sumut,” harap Erry.

Dalam kesempatan yang sama, Erry juga mengapresiasi IIDI Sumut yang akan menggelar Muktamar IIDI XX nasional di Medan.

“Semoga Muktamar IIDI Nasionan ke XX nantinya akan menelurkan program yang dapat menyentuh langsung kepentingan kesehatan masyarakat,” ucap Erry.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Muktamar IIDI Nasional XX, Fahrizar Iskandar Hasibuan mengatakan, kegiatan akan dilaksanakan di Hotel Tiara Medan pada 18-22 November 2015 mendatang.

“Agenda Muktamar IIDI Nasional ke XX nantinya diantaranya seminar dan konsolidasi serta pemilihan Ketua Umum Pengurus Besar IIDI. Peserta Muktamar berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Ada sekitar 250 peserta,” jelas Fahrizar.

Fahrizar juga mengatakan, untuk memeriahkan muktamar, panitia juga akan menggelar pameran foto dan bazar serta pameran produk khas dari sejumlah Pengurus Cabang IIDI yang menjadi peserta Muktamar IIDI Nasional ke XX. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.