44 Hari Menuju Pilkada, KPU Kota Medan Segera Siapkan Debat Kandidat

MEDAN, KabarMedan.com | Persiapan menuju Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan masih terus dipersiapkan oleh KPU Kota Medan selaku pelaksana Pilkada 2020.

Komisioner KPU Kota Medan, Nana Miranti mengatakan bahwa pihaknya sudah menyerahkan logistik alat kampanye ke pihak pasangan calon.

“Sampai sekarang, sesuai dengan tahapan dan jadwal, kita terus melakukan persiapan. Mulai dari kampanye, kemarin baru aja kita menyerahkan seluruh logistik alat peraga kampanye sama alat untuk kebutuhan kampanye pasangan calon, mulai dari brosur, ada spanduk, ada baliho,” ujarnya, Senin (26/10/2020).

Tahapan demi tahapan yang sudah dipersiapkan, kata Nana, masih terus dilanjutkan sampai 44 hari menuju pilkada ini. Saat ini KPU tengah mempersiapkan agenda debat kandidat untuk pasangan calon.

“Persiapan-persiapan lainnya juga sedang dilakukan sesuai dengan tahapan. Untuk tahapan terdekat terkait dengan kampanye, kita juga akan melaksanakan debat kandidat,” kata Nana.

KPU Kota Medan akan melaksanakan debat kandidat pada tanggal 7 November 2020. Acara tersebut rencananya tidak akan dihadiri banyak orang, mengingat pandemi Covid-19 yang masih berjalan.

“Debat kandidat insya Allah tanggal 7 November. Debatnya disiarkan secara langsung oleh televisi nasional rencananya gitu. Jadi karena ini lagi dalam situasi pandemi, nanti dalam kegiatan debat itu yang menghadiri pasangan calon sama para undangan yang sudah ditentukan. Jadi sekitar 19 orang atau 20 orang gitu yang hadir di lokasi,” jelasnya.

Adapun pihak-pihak tersebut, kata Nana, terdiri dari Pasangan Calon, Bawaslu dan KPU.

“Dari Bawaslu, dari Pasangan Calon, dari KPU. Kemungkinan besar juga panelisnya akan ada, moderator, itu aja sih. Karena kondisinya masih Covid jadi pihak-pihak yang dilibatkan itu tidak terlalu banyak,” tutur Nana.

Terkait pelaksanaan debat, Nana mengatakan bahwa akan dilaksanakan di luar dari kantor KPU Kota Medan, dengan kapasitas yang lebih luas dan memadai.

“Kita nanti nggak di Kantor KPU, karena situasi ruangannya juga kecil. Jadi nanti kegiatan ini akan dilaksanakan di suatu tempat yang memadai, apakah itu di hotel atau di studio, begitu. Jadi sekarang masih tahap persiapan,” tutupnya. [KM-06]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.