Protes Gambar di Surat Suara Lebih Gelap, AMAN: Kami Tak Salahkan KPU

MEDAN, KabarMedan.com | Tim Pasangan Calon Akhyar – Salman telah melayangkan protesnya kepada KPU Kota Medan atas foto di surat suara yang terlihat gelap. Ketua Tim Pemenangan, Ibrahim Tarigan beserta anggota telah menyambangi lokasi pelipatan surat suara pada Kamis (19/11/2020) di Gedung Andromeda eks. Bandara Polonia.

Sekretaris Tim Pemenangan pasangan nomor urut satu, Wasis Wiseso Pamungkas mengatakan bahwa pihaknya tidak menyalahkan KPU Kota Medan atas kesalahan teknis yang terjadi.

“Dari awal tim AMAN tidak menyalahkan KPU, justru kami percaya bahwa KPU itu mampu bersikap adil dan netral dalam penyelenggaraan pemilu kali ini dan kami melihat di sini kemungkinan ada eror. Dan eror itu yang kita minta disortir dan dimusnahkan agar tidak disalah gunakan,” ujar Wasis, Jum’at (20/11/2020).

Sebelumnya Ketua KPU Kota Medan telah memastikan bahwa pihaknya sebagai penyelenggara tidak akan memakai surat suara yang rusak tersebut.

“Gambar paslon satu terlihat gelap dan ini kita sortir dan ini kita pastikan tidak akan digunakan di TPS nanti,” kata Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Damanik.

Wasis juga menyesalkan pemberitaan diberbagai media seolah-olah kesalahan tersebut adalah dari pihaknya sejak awal. Ia menerangkan surat suara yang gelap tersebut berbeda dari spesimen yang telah disepakati.

“Dari awal kita tidak menyalahkan siapapun. Nah kami sangat menyayangkan komentar yang dimuat dalam media seolah-olah KPU menyalahkan tim kami dari yang menyerahkan gambar lebih gelap. Memang dalam spesimen itu gambar paslon AMAN ini sedikit lebih gelap dibandingkan dengan paslon dua. Namun hasil yang beredar di masyarakat yang sangat kontras sekali itu jauh dari spesimen yang disepakati dan ditandatangani oleh ketua dan sekretaris tim AMAN,” tutur Wasis.

Lebih lanjut Wasis menegaskan bahwa pihaknya mempercayai KPU Kota Medan dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.

“Kami percaya, pihak penyelenggara mampu bersikap yang bijak dalam menanggapi permasalahan ini. Sekali lagi karena pilkada Medan kali ini sudah menjadi sorotan se-Indonesia” pungkasnya. [KM-06]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.