Satgas Covid-19: Vaksinasi Demi Pertahanan Diri

Vaksinasi di Rusun Petamburan. (Foto: Ist)

JAKARTA, KabarMedan.com | Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengajak masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi agar memiliki ketahanan tubuh terhadap Covid-19 dan tetap sehat, Jumat (23/7/2021).

Hal ini disampaikan Ganip Warsito saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit di Rumah Susun (Rusun) Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

“Sudah divaksin ya? ajak keluargamu untuk ikut vaksin. Ini semua agar menjaga diri kita dari Covid-19 dan tetap sehat,” katanya kepada salah satu penerima vaksin.

Menurutnya, program vaksinasi untuk mendukung tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity itu diselenggarakan sesuai perintah Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Melalui pemberian vaksinasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih terjaga dari COVID-19. Tentunya, hal itu harus diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan dilaksanakan secara konsisten.

Baca Juga:  Puluhan Mahasiswa FDK UINSU Gelar Aksi, Desak Pembekuan Ormawa dan Penelusuran Calo Beasiswa KIP

“Ini adalah sesuai perintah Presiden Joko Widodo,” jelas Ganip yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pelaksanaan vaksinasi itu menurut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi contoh nyata upaya pemerintah yang telah hadir di tengah masyarakat untuk menjamin keselamatan dan memberikan pelayanan terbaik.

Kegiatan vaksinasi yang digelar di Rusun Petamburan dilakukan untuk menyasar wilayah mana saja yang masih rendah capaian penerimaan vaksinasinya.

Melalui upaya tersebut juga diharapkan akan ada lebih banyak lagi masyarakat yang terlindungi dan kekebalan kelompok dapat segera tercapai.

“Kami menyasar wilayah mana yang vaksinasinya masih rendah,” jelas Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

Baca Juga:  Polsek Perbaungan Gelar Patroli KRYD, Cegah Kejahatan Jalanan dan Geng Motor

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga menambahkan bahwa kegiatan vaksinasi itu merupakan upaya ‘jemput bola’ dari pemerintah kepada masyarakat. Dalam hal ini sasarannya adalah wilayah permukiman padat penduduk yang belum terjangkau seperti Rusun Petamburan dan sekitarnya.

“Ini adalah kegiatan jemput bola ke wilayah yang belum terjangkau dan tentunya ini adalah tentang bagaimana kita mengejar herd immunity,” jelas Kapolri Sigit.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, Ketua Satgas Penanganan COVID-19 bersama Panglima TNI dan Kapolri juga menyerahkan bantuan berupa sembako bagi para penerima vaksin, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pokok selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dilakukan demi memutus rantai penularan COVID-19. [KM-07]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.