Jalin Kemitraan, USU Dukung Pembuatan Aplikasi E-Learning IAKN Tarutung

MEDAN, KabarMedan.com | Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Sumatera Utara (USU) menjalin kemitraan dengan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung dalam sosialisasi aplikasi e-learning, Senin (30/8/2021).

Pembuatan aplikasi e-learning itu dilakukan oleh tim yang terdiri atas Dosen Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom-TI) dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USU.

Dilaksanakan di IAKN Tarutung Kampus II Kecamatan Sipoholan, Kabupaten Tapanuli Utara, agenda tersebut bertujuan untuk mendukung pembelajaran dalam jaringan (daring) yang harus dilakukan selama pandemi Covid-19.

Aplikasi e-learning didesain agar dosen dan mahasiswa dapat melaksanakan perkuliahan daring yang sistematis. Aplikasi ini memiliki fitur seperti presensi mahasiswa, unggah materi, forum diskusi, dan memudahkan dosen memberikan ujian.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan aplikasi pihak ketiga seperti BBB dan Zoom. Ketua Pelaksana PkM sekaligus Dosen Fasilkom-TI Desilia Selvida dalam sambutannya mengatakan aplikasi e-learning yang didesain mengadopsi fitur yang digunakan pada aplikasi e-learning USU.

Ia juga mengatakan tim sebelumnya telah melakukan observasi lapangan dan menemukan fakta perkuliahan berjalan tidak efektif karena dosen sebagai pengampu mata kuliah tidak hadir secara langsung untuk melakukan proses transfer pengetahuan.

“Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu aplikasi yang mampu menjadi perantara, seakan-akan berada di ruang kelas,” ucapnya.

Desilia pun berharap pembuatan aplikasi e-learning ini dapat menumbuhkan semangat belajar dan mengajar di IAKN Tarutung.

Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Kristen Sudirman Lase. Dalam sambutannya, ia mengharapkan pengabdian ini dapat berlangsung secara terus menerus.

“Semoga kemitraan USU dengan IAKN Tarutung dapat terus berkembang di berbagai sektor,” tuturnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan I Pestaria Naibaho, Wakil Dekan II Tiurma Berasa, beserta Dosen dari Program Studi S1 Pariwisata Budaya & Keagamaan dan S1 Sosiologi Agama.

Pembuatan dan pemanfaatan aplikasi e-learning dalam media pembelajaran daring pada IAKN Tarutung merupakan PkM Skim Kemitraan Mono Tahun Dosen Muda USU 2021, dilaksanakan oleh Dosen Fasilkom-TI Program Studi S1 Ilmu Komputer Desilia Selvida dan Dosen FEB Program Studi S1 Akuntansi Malinda Sari Sembiring dalam jangka waktu satu tahun, dilaksanakan melalui seleksi oleh Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat USU.

Adapun sasaran dari program ini adalah masyarakat yang produktif secara ekonomi (usaha mikro), masyarakat yang belum produktif secara ekonomis, tetapi berhasrat kuat menjadi wirausahawan, dan masyarakat yang tidak produktif secara ekonomi (masyarakat umum/biasa). [KM-06]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.