PON XXI Resmi Berakhir, Sumut Kunci Posisi Empat

Closing Ceremony PON XXI Aceh Sumut di Stadion Utama Sumatera Utara Desa Sena Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang/Foto: Novriandy

DELI SERDANG, KabarMedan.com |   Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berhasil mencatatkan prestasi gemilang dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Dengan raihan total 254 medali, yang terdiri dari 79 emas, 59 perak, dan 116 perunggu, Sumut berhasil menduduki peringkat keempat dari 38 provinsi peserta.

Pada penutupan PON XXI yang berlangsung di Stadion Utama Sport Centre Sumut, Deli Serdang, Jumat (20/9/2024), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyampaikan kebanggaannya atas peningkatan peringkat Sumut.

“Pada PON sebelumnya di Papua, Sumut hanya berada di peringkat delapan. Kini, sebagai tuan rumah, mereka berhasil menduduki peringkat empat,” ujar Dito dikutip dari laman Kominfo Sumut.

Ia juga menyoroti pencapaian Aceh, tuan rumah lainnya, yang naik dari peringkat dua belas menjadi peringkat enam.

Selain prestasi medali, PON XXI juga mencatatkan banyak pemecahan rekor nasional. Dari cabang olahraga (cabor) atletik, tercatat ada 7 rekor nasional dan 21 rekor PON yang terpecahkan.

Baca Juga:  Hadapi Dejan FC, Nil Maizar Bertekad Bawa Poin Penting

Di cabor renang, terdapat 1 rekor nasional dan 17 rekor PON, sementara selam kolam menyumbang 7 rekor nasional dan 6 rekor PON. Angkat besi menyumbang 5 rekor nasional senior dan 6 rekor PON, panjat tebing memecahkan 4 rekor nasional dan 4 rekor PON, serta menembak berhasil mencetak 2 rekor nasional dan 20 rekor PON.

Salah satu sorotan utama datang dari atlet lari Sumut, Nella Agustin, yang berhasil memecahkan tiga rekor nasional.

“Yang tak kalah spesial adalah prestasi Nella Agustin. Meski belum menjadi atlet nasional, ia sudah memecahkan tiga rekor nasional,” ungkap Menpora.

Menpora Dito Ariotedjo juga mengajak semua pihak untuk menjaga semangat dan terus mendukung peningkatan prestasi atlet nasional.

Baca Juga:  Regal Springs Indonesia Beri Bantuan untuk SSB Desa Naga Kisar dalam Kegiatan Sepak Bola Bersama

“Mari kita jaga semangat ini dan terus berusaha meraih prestasi yang lebih tinggi di masa depan,” katanya.

Dalam klasemen akhir PON XXI, Jawa Barat memimpin dengan 195 medali emas, diikuti DKI Jakarta dengan 184 emas, dan Jawa Timur di posisi ketiga dengan 146 emas.

Sumut menyabet 79 emas, sedangkan Jawa Tengah berada di posisi kelima dengan 71 emas.

Penutupan PON XXI ini juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, seperti Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Wakapolri Agus Andrianto, Pj Gubernur Sumut Agus Fatoni, dan Pj Gubernur Aceh Safrizal.[KM-04]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.