Aulia Rachman Ditunjuk sebagai Plt Wali Kota Medan, Pengganti Bobby Nasution Selama Cuti

PJ Gubsu, Agus Fatoni Memberikan Ucapan Selamat Kepada Aulia Rachman Usai Dilantik Menjadi Plt Walikota Medan mulai 25 September hingga 23 November 2024/foto: Kominfo Medan

MEDAN, KabarMedan.com |  Wakil Wali Kota Medan, H. Aulia Rachman, resmi ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Penunjukan ini terkait dengan rencana Wali Kota Medan, Bobby Nasution, yang akan menjalani cuti selama 25 September hingga 23 November 2024 untuk mengikuti Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu).

Penyerahan Surat Pelaksana Tugas tersebut dilakukan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara, A Fatoni, di Aula Tengku Rizal Nurdin Komplek Rumah Dinas Gubsu, Jalan Sudirman Kota Medan, Senin (23/9/2024).

Selain Medan, penyerahan surat tugas juga diberikan kepada sejumlah kepala daerah lainnya di Sumut yang juga akan menjalani cuti untuk kepentingan Pilkada 2024, termasuk Wali Kota Binjai, Bupati Simalungun, dan Bupati Tapanuli Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, A Fatoni juga mengukuhkan Pejabat Sementara (Pjs) untuk beberapa daerah lainnya di Sumut, di antaranya Bupati Labuhan Batu Utara, Bupati Asahan, dan Wali Kota Tanjung Balai serta Bupati Serdang Bedagai.

Baca Juga:  Integrasi Transportasi Kereta Api di Wilayah Sumatera Utara

Upacara penyerahan surat tugas berlangsung khidmat, dihadiri oleh unsur Forkopimda Sumut, Sekda Provinsi Sumut Arief Sudarto Trinugroho, Wali Kota Medan Bobby Nasution, serta beberapa pejabat penting lainnya dari pemerintah kabupaten/kota di Sumut.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sumut menyampaikan penunjukan Plt dan Pjs merupakan bagian dari tahapan Pilkada yang harus dipatuhi sesuai aturan.

“Pengukuhan dan penyerahan Surat Pelaksana Tugas ini berlaku mulai 25 September hingga 23 November 2024. Saya harap, seluruh Plt dan Pjs bisa menjaga ketertiban dan kelancaran proses Pilkada di daerah masing-masing,” ungkap Fatoni.

Ia juga mengingatkan agar Plt dan Pjs yang ditugaskan bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya serta segera berkoordinasi dengan pemerintah pusat, provinsi, dan seluruh pihak terkait.

Baca Juga:  Integrasi Transportasi Kereta Api di Wilayah Sumatera Utara

“Koordinasi harus dilakukan dengan baik, dan pastikan stabilitas daerah tetap terjaga selama masa Pilkada,” pesan Pj Gubernur Sumut.

Menanggapi penunjukan tersebut, Aulia Rachman menyatakan kesiapannya menjalankan tugas sebagai Plt Wali Kota Medan. Ia berkomitmen untuk menjaga stabilitas dan ketertiban di Medan menjelang Pilkada.

“Insya Allah, kami akan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi yang diamanahkan, serta menjaga agar tidak ada gesekan di Kota Medan selama proses Pilkada ini,” kata Aulia.

Selain penunjukan Plt dan Pjs kepala daerah, acara tersebut juga diwarnai dengan penyerahan surat tugas untuk Plt Ketua TP PKK di kabupaten/kota, termasuk penyerahan surat tugas kepada Ira Syahputri sebagai Plt Ketua TP PKK Kota Medan.[KM-04]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.