Indonesia Tumbangkan Timor Leste 3-1 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Pemain Timnas Ragil Bersama Figo Denis Merayakan Golnya ke Gawang Timor Leste pada Kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion Madya GBK/foto: timnasid

JAKARTA, KabarMedan.com | Timnas Indonesia U-20 berhasil memetik kemenangan kedua dalam pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Bertanding di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (27/09/2024), Indonesia menaklukkan Timor Leste dengan skor 3-1.

Gol pembuka Timnas Indonesia diciptakan oleh Jens Raven pada menit ke-12, disusul gol kedua oleh Riski Afrisal hanya tiga menit kemudian, tepatnya di menit ke-15.

Dominasi Indonesia sejak awal pertandingan membuat Timor Leste kesulitan menembus pertahanan Garuda Muda.

Meski begitu, Timor Leste sempat memperkecil ketertinggalan lewat gol Luis Figo di menit ke-66. Namun, Timnas Indonesia memastikan kemenangan setelah Ragil mencetak gol ketiga di menit ke-77.

Jens Raven, pencetak gol pertama, mengaku pertandingan kali ini cukup melelahkan karena masa istirahat yang pendek juga lantaran kuatnya pertahanan yang dibangun para pemain Timor Leste.

“Pertandingan tadi cukup melelahkan karena kita cuma istirahat sehari saja dari pertandingan pertama, lalu langsung main di pertandingan kedua. Mereka juga cukup kuat. Namun demikian saya tetap semangat pada pertandingan ini untuk membawa kemenangan timnas Indonesia,” ujar Jens usai pertandingan.

Baca Juga:  Regal Springs Indonesia Beri Bantuan untuk SSB Desa Naga Kisar dalam Kegiatan Sepak Bola Bersama

Ia juga menambahkan bahwa tantangan sesungguhnya akan datang di laga ketiga melawan Yaman.

“Tantangan yang sesungguhnya nanti di pertandingan ketiga menghadapi Yaman, karena mereka adalah tim yang kuat. Kita berharap bisa menjaga performa agar bisa meraih hasil maksimal di laga tersebut,” tambahnya.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, mengapresiasi kerja keras para pemainnya.

“Saya apresiasi permainan anak-anak pada pertandingan malam ini. Soal pertandingan tadi, semua sudah sesuai dengan game plan yang dibuat, dan hasilnya dalam waktu pendek kita bisa meraih dua gol,” ujar Indra.

Indra juga menjelaskan bahwa perubahan strategi dilakukan di babak kedua, namun belum berjalan sepenuhnya sesuai harapan.

“Pada babak kedua, kita coba merubah formasi lain, dengan mengganti beberapa pemain, kita coba 3-5-2 dari 3-4-3, untuk memperbanyak pemain tengah kita, tapi memang masih ada yang tidak berjalan sesuai dengan rencana. Tapi kita tetap bersyukur berhasil menang pada laga ini,” lanjutnya.

Baca Juga:  PS Korpri Sergai Melaju ke Semi Final Turnamen Korpri Usai Libas Paluta 5-0, Adlin Tambunan Beri Apresiasi

Terkait waktu istirahat yang singkat antara pertandingan pertama dan kedua, Indra menyadari bahwa semua tim mengalami hal serupa.

“Memang di seluruh kualifikasi dari AFC semua tim mengalami ini, termasuk kita. Kemarin kita juga tidak ada latihan, hanya recovery saja, lalu latihan kecil di hotel,” ungkapnya.

Namun, Indra Sjafri mengingatkan bahwa tantangan berat masih menanti di pertandingan ketiga melawan Yaman.

“Kita berharap di laga lawan Yaman kita bisa menampilkan yang terbaik,” tutupnya

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-20 semakin memperkuat posisinya di puncak klasemen sementara Grup F dengan nilai 6.

Selanjutnya TimnasĀ  Garuda Muda akan menghadapi Yaman sebagai laga pamungkas di Grup F, Minggu 29 September mendatang.

Jika berhasil menang atau imbang Timnas akan melenggang ke Piala Asia U-20 di China tahun depan. Namun jika kalah maka peluang Timnas akan bergantung pada 5 runner up terbaik pada kualifikasi ini.[KM-04]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.