80.000 Komputer Disebar Ke Sekolah Untuk Mendukung UNBK 2017

MEDAN, KabarMedan.com |  Guna mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) segera mendistribusikan 80.000 unit komputer ke sekolah-sekolah di Indonesia.

“Paling lambat akhir Januari ini akan kita suplai komputer ke sekolah-sekolah. Sebelumnya ada 40.000 unit, kemudian naik menjadi 80.000 unit,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi, di Medan, Sabtu (7/1/2016).

Saat itu, kata Muhadjir, 80 persen SMA dan SMK se-Indonesia diperkirakan telah siap melaksanakan UNBK. Sementara untuk tingkat SMP baru 30-40 persen yang dapat menggelar UNBK pada 2017. “Kita optimistis UNBK tahun ini dapat berlangsung lancar. Soal kendala jaringan dan listrik sudah teratasi,” ucapnya.

Baca Juga:  Polres Serdang Bedagai Berikan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Teluk Mengkudu

Khusus untuk di Sumatera Utara, sebanyak 360 sekolah sudah mendaftar untuk melaksanakan UNBK. “Kita sudah rapat dengan kabupaten/kota. Mereka dukung pelaksanaan UNBK. Kita harapakan 50 persen sekolah di Sumut bisa ikut UNBK,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Arsjad Lubis.

Dirinya mengakui masih ada kendala terkait pelaksanaan UNBK 2017 di Sumut, seperti sarana komputer dan ruangan. “Nanti akan kita siasati,” pungkasnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.