Tambang Emas Martabe Luncurkan Dua Program Pendidikan

Beasiswa Martabe Prestasi & Kompetisi Sekolah Bersih dan Sehat

BATANGTORU, KabarMedan.com | PT Agincourt Resources selaku pengelola Tambang Emas Martabe meluncurkan Beasiswa Martabe Prestasi 2017 dan Kompetisi Sekolah Bersih dan Sehat 2017 Menuju Standar Adiwiyata, dalam sosialisasi program yang diadakan di Balai Marguna Kecamatan Batangtoru, pada Kamis 30 Maret 2017.

Kedua program ini dilaksanakan Tambang Emas Martabe untuk turut berkontribusi mendukung upaya Pemerintah membangun manusia Indonesia unggul, berdaya saing, dan berkarakter melalui ekosistem pendidikan berkualitas yang memberdayakan komunitas pendidikan untuk berperan serta mencipta lingkungan belajar yang sehat dan produktif.

Presiden Direktur PT Agincourt Resources, Tim Duffy mengatakan, program Beasiswa Martabe Prestasi 2017 dan Kompetisi Sekolah Bersih Sehat 2017 ini telah lama digagas bersama para pemangku kepentingan terkait.

“Karena itu dengan bangga kami meluncurkannya sekarang dengan semua sistem yang telah rapi terbentuk untuk memastikan bahwa program ini akan benar-benar memberikan manfaat bagi ratusan siswa SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi beserta keluarga serta institusi pendidikan formal mereka,” katanya.

Melalui keberadaan Tambang Emas Martabe, pihaknya berharap dapat menawarkan solusi bagi hambatan-hambatan pendidikan mendasar, seperti kemampuan ekonomi orangtua maupun kondisi sekolah, yang menghalangi generasi muda Batangtoru dan Muara Batangtoru untuk menikmati masa belajar yang sehat dan berkualitas hingga mencapai jenjang pendidikan tinggi.

“Kami yakin upaya kami ini akan menghadirkan semakin banyak SDM di Tapanuli Selatan yang unggul dan mampu bersaing dalam era pasar bebas,” tambah Tim.

Baca Juga:  Polsek Dolok Masihul Beri Penyuluhan Bahaya Geng Motor dan Narkoba dalam Program Police Go to School

Sejak tahun 2011, Tambang Emas Martabe telah mendukung pengadaan dan perbaikan berbagai fasilitas pendidikan formal dan non formal, seperti renovasi 33 sekolah dan 4 lapangan olahraga multi fungsi, mendirikan 14 taman baca, menyediakan 16 ribu buku bacaan, serta berbagai pelatihan bagi guru dan siswa untuk terus memastikan pembelajaran berkualitas yang aman menyenangkan dapat diakses oleh semua pihak.

Pendidikan merupakan salah satu sektor fokus pelaksanaan program pengembangan masyarakat Tambang Emas Martabe yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan sektor lainnya, seperti kesehatan, pertanian, infrastruktur publik, bisnis lokal dan pengembangan ekonomi, serta identitas sosial dan budaya untuk memastikan terjadinya pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat yang berada di sekitar tambang.

Beasiswa Martabe Prestasi 2017

Program ini merupakan bantuan pendidikan dan beasiswa bagi anak-anak, dari keluarga pra sejahtera di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru, yang berprestasi dan berkomitmen tinggi untuk melanjutkan pendidikan. Berprestasi disini mencakup keunggulan secara akademis, maupun non akademis.

Pengkategorian keluarga pra sejahtera mengacu pada 14 kriteria standar yang ditentukan BPS. Berdasarkan jenis penghargaan dan manfaat, Beasiswa Martabe Prestasi terbagi dalam dua kategori, yaitu Penghargaan Akademis dan Beasiswa Berkelanjutan

Informasi detil untuk kriteria maupun pendaftaran Penghargaan Akademis dan Beasiswa Berkelanjutan dapat diajukan melalui Komite Martabe Prestasi PT Agincourt Resources, Jl Merdeka Barat KM 2,5 Kelurahan Aek Pining, Batangtoru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, 22738; atau via surat elektronik ke <[email protected]>. Pendaftaran dibuka sejak 1 April hingga 18 Mei 2017, dan daftar penerima Beasiswa Martabe Prestasi 2017 akan diumumkan tanggal 10 Juli 2017.

Baca Juga:  Ada Pengalihan Arus Lalu Lintas di Depan Stasiun Medan, KAI Divre I Himbau Penumpang Atur Waktu Keberangkatan

Kompetisi Sekolah Bersih dan Sehat 2017 Menuju Standar Adiwiyata

Kompetisi ini dibagi dalam dua kriteria, yaitu sekolah tingkat SD sederajat dan tingkat SMP hingga SMA sederajat yang berada di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru. Ketentuan Penilaian Kompetisi didasarkan pada 8 Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) untuk mewujudkan sekolah peduli hidup sehat dan berbudaya lingkungan.

Program ini mengombinasikan pencapaian program gaya hidup bersih sehat yang dicanangkan Kementerian Kesehatan dengan program Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup, dalam rangka menciptakan kondisi baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga semua mampu berperan aktif menghadirkan lingkungan yang sehat dan terjaga kelestariannya. Pendaftaran kompetisi, verifikasi dan penilaian lokasi diadakan mulai 7 hingga 22 April 2017.

Sekolah yang berminat diharapkan menghubungi Koordinator Pengawas Sekolah masing-masing untuk meminta dan mengumpulkan formulir pendaftaran. Juri kompetisi terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Selatan dan Tambang Emas Martabe. Pengumuman juara akan dilakukan pada 27 April 2017 dalam acara penutupan Festival Pelajar Batangtoru 2017. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.