Bank Sumut Ayomi Puluhan BPR Lewat APEX

MEDAN, KabarMedan.com | Bank Sumut bekerjasama dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia Sumatera Utara (Perbarindo) resmi membentuk lembaga APEX (Pengayom) bagi bank-bank perkreditan rakyat diwilayah provinsi Sumatera Utara. Sosialisasi lembaga ini digelar pada Jumat 5 Mei 2017 di Cypress Room Hotel Aston, Medan.

Hadir dalam acara itu, Komisioner OJK sekaligus kepala eksekutif pengawas keuangan Nelson Tampubolon, Pimpinan OJK Regional 5 Sumatera Lukdir Gultom, Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto dan Ketua Perbarindo Sumut Syaffruddin Siregar

Direktur Utama PT. Bank Sumut Edie Rizliyanto mengatakan, pembentukan APEX merupakan dukungan PT Bank Sumut dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Utara, melalui sinergi antara Bank Sumut dengan BPR dalam peningkatan kredit perbankan terhadap UMKM serta meningkatnya jumlah umkm dalam memperoleh kredit perbankan.

“Saat ini BPR/BPRS yang telah menjadi anggota APEX Bank Sumut dan telah menempatkan setoran wajib minimum, telah dapat menikmati fasilitas dana bergulir dan dana liquidity mismatch sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati antara Bank Sumut dengan Perbarindo selaku lembaga yang menaungi BPR,” katanya, Minggu (7/5/2017).

Ketua Perbarindo SUMUT Syafruddin Siregar mengatakan, Pembentukan APEX di Sumatera Utara telah direncanakan sejak 6 tahun lalu. Hingga kini telah ada 40 BPR yang memenuhi syarat, dan 29 BPR yang telah menyetorkan dana simpanan wajib minimum. “Saya menghimbau BPR lainnya yang belum memenuhi syarat agar mendaftarkan diri menjadi anggota APEX,” ujarnya.

Kepala OJK Regional 5 Sumatera Lukdir Gultom, menyambut baik pembentukan APEX Bank Sumut dan Perbarindo. Hal ini karena diyakini akan mampu meningkatkan kinerja dari seluruh perbankan termasuk juga BPR. Dalam kesempatan itu, lukdir juga memaparkan peningkatan kinerja keuangan perbankan secara umum Tahun 2016 YoY jauh lebih meningkat dibandingkan Tahun 2015.

Acara tersebut diisi dengan sosialisasi lembaga APEX Bank Sumut yang disampaikan Pemimpin Divisi Treasury Bank Sumut Maulana Akhyar Lubis.Dalam pemaparannya, Maulana menyampaikan ruang lingkup lembaga APEX Bank Sumut ini nantinya akan mencakup 3 hal yaitu Penghimpunan Sumber Dana Lembaga APEX melalui penerimaan dana simpanan wajib minimum anggota lembaga APEX, penyaluran fasilitas dana mismatch apabila lembaga anggota membutuhkan dana/likuiditas jangka pendek untuk mengatasi mismatch dan penyaluran fasilitas dana bergulir apabila anggota APEX meembutuhkan dana bukan dalam kondisi mismatch. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.