Persediaan Daging Sapi Di Sumut Jelang Lebaran Aman

KABAR MEDAN |  Selama ramadhan hingga Idul Fitri 2014, persediaan daging sapi di Sumatera Utara dipastikan aman. Sebanyak 5.412 sapi impor asal Australia dan 67,7 ton daging beku yang disuplai dari 7 perusahaan telah dipersiapkan guna mengadapi lonjakan konsumsi masyarakat yang diperkir akan meningkat menjelang H-3 Idul Fitri.

“Data terakhir yang masuk ke kita, untuk perusahaan LAL, stok sapi hidup tersedia sebanyak 3500 ekor, JGA 912 ekor dan Eldira sebanyak 1000 ekor. Sedangkan untuk daging beku, stok di Samudera Pangan sebanyak 10 ton, Sukanda Jaya 7,7 ton, Lotte Mart 10 ton, dan Sumber Laut Utama sebanyak 40 ton,” kata Kepala Seksi Pangan dan Non Pangan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumut, Hendra Sutrisno Marbun, Sabtu (19/7/2014).

Untuk daging sapi lokal, katanya, sejauh ini pihaknya belum mendapat data valid. Namun, ia memperkirakan jumlah stoknya tidak akan jauh berb eda dari data ditahun sebelumnya. “Untuk sapi dan kerbau lokal, sepertinya tak akan jauh berbeda dari tahun sebelumnya yaitu sekitar 600 ribu ekor,” jelasnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.