[CEK FAKTA] Benarkah Ada PKI Nyamar Jadi Dokter COVID-19?

MAKASSAR, KabarMedan.com | Beredar tangkapan layar sebuah akun Facebook bernama Yongky Yanto yang memposting sebuah video berisi empat orang dokter menggunakan baju hazmat yang sedang menemui dua orang ibu-ibu. Postingan itu disertai dengan narasi yang menyatakan PKI menyamar sebagai dokter.

Berikut narasi lengkapnya :

Jangan 2 ini bukan dokter ato bidan.. ini pki nyamar sebagai dokter… aparat yg menyaksikan kejadian ini hanya diam .. mereka smua ngak punya hati

Benarkah ada kabar yang menyatakan PKI menyamar sebagai dokter ditengah pandemi Covid-19 ini?

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan kata kunci “PKI menyamar sebagai dokter” menggunakan mesin pencarian google. Hasil pencarian kemudian menampilkan beberapa artikel berita berisi klarifikasi kabar yang ternyata hoaks itu.

Satu diantaranya, klarifikasi yang dimuat oleh situs resmi kominfo.go.id yang menyatakan kabar itu termasuk dalam kategori disinformasi.

Berikut narasinya :

Klaim yang menyebut petugas PKI menyamar sebagai dokter adalah klaim yang salah dan menyesatkan. Petugas dalam video tersebut adalah petugas Satgas Covid-19 Makassar yang sedang menangani keluarga pasien berstatus PDP yang meninggal di Rumah Sakit Siloam Makassar.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul “Viral, Video Wanita Keluarga Pasien RS Siloam Makassar Diseret Tim Satgas Covid” yang dimuat situ makassar.kompas.com, pada 29 Mei 2020.

Situs tersebut menyebutkan, beredar video seorang wanita yang diduga salah seorang keluarga pasien rumah sakit di Makassar, diseret oleh petugas tim Satgas Covid-19 dengan mengenakan baju hazmat. Video berdurasi 2 menit 3 detik ini viral di berbagai media sosial.

Dalam video tersebut, petugas Satgas Covid-19 memaksa keluarga pesien keluar dari salah satu ruangan hingga menyeretnya. Bahkan, wanita yang diduga tengah hamil, histeris meminta tolong saat diseret petugas Satgas.

Dalam video tersebut, ada tiga orang wanita yang mempertahankan jenazah suaminya yang hendak diambil paksa oleh tim Satgas Covid-19.

Salah seorang di antaranya mengaku adalah istri yang meminta petugas agar menunggu kakaknya berurusan dengan petugas Satgas Covid. Bahkan, wanita tersebut memohon-mohon kepada tim satgas agar sabar dan jangan memaksakan kehendaknya.

Karena belum ada keputusan resmi dari pihak keluarga maupun dari pihak rumah sakit yang menangani pasien yang meninggal.

Humas RS Siloam, Putri membenarkan video wanita yang diseret petugas satgas beredar luar berasal dari RS Siloam. Namun, dia membantah, jika pihak RS Siloam yang melakukan kejadian tersebut dalam video.

Kesimpulannya, tidak ada PKI yang menyamar sebagai dokter. Petugas yang berada dalam video tersebut merupakan petugas Satgas Covid-19 Makassar yang sedang menangani keluarga pasien berstatus PDP yang meninggal di Rumah Sakit Siloam Makassar. [Fact Checker: Reinardo Sinaga]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.