Viral Curhatan Pemudik Habiskan Rp20 Juta untuk Satu Minggu di Kampung

Ilustrasi Mudik (Ist)

JAKARTA, KabarMedan.com | Mudik lebaran menjadi antusias tersendiri bagi masyarakat yang hendak pulang kampung untuk merayakan momentum Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman.

Di tahun 2022 ini, pemerintah akhirnya memperbolehkan perjalanan mudik dengan berbagai syarat. Ini pertama kalinya setelah mudik dilarang sejak adanya Covid-19 di Indonesia pada tahun 2020 lalu.

Namun, curhatan salah satu pengguna media sosial belakangan menjadi viral setelah bercerita bahwa dirinya menghabiskan uang hingga Rp20 juta untuk mudik kali ini.

“20jutaan dihabiskan hnya utk 1 minggu, balik ke Jakarta mikir biaya operational buat sehari2 kerja, bukan ngeluh tapi hnya, sharing aja,” ujar akun TikTok @susansusiloputri, dilihat pada Kamis (12/5/2022).

Ia mengatakan biaya mudik tidak murah karena harus meliputi banyak hal seperti pengisian BBM, biaya parkir, bahkan toilet.

“Cuma mau bilang.. biaya mudik itu g murah.. Isi e-toll, bensin Pertamax y optional klo mau ganti Pertalite, biaya lain2 parkir, pak ogah, toilet,” sebutnya.

Bahkan konsumsi saat perjalanan sesuai dengan kebutuhan dan banyaknya angkutan dalam kendaraan yang digunakan, hingga buah tangan yang akan diberikan pada keluarga yang dikunjungi.

“Hampers buat keluarga yg didatangi, konsumsi selama perjalanan, jajanan perbekalan di kendaraan,” tuturnya.

Biaya penginapan dari tempat-tempat yang dikunjungi serta operasional lainnya disebut akun tersebut harus merogoh kocek Rp20 juta.

“Biaya hotel klo nginep beda kota/tiap kota yang dikunjungi, biaya operational konsumsi dll. Mesti pegang 20jt utk semua, g pegang segitu g bakal berani nginep apalagi mampir2 ke saudara,” kata dia.

Kini video tersebut telah ditonton sebanyak 405 ribu kali dan mendapat 2841 komentar dari netizen lainnya.

“Cuma mao bilang.. harga segitu tidak sebanding dengan senyuman orang tua kita yg melihat kita pulang. Semangat pejuang mudik,” komentar akun @Srim60.

“Berangkat mudik pegang duit segepok.. plg mudik tinggal beberapa lembar, tapi nga tau knapah, Bahagia banged hati, melihat orang tua, dtengin saudara,” sahut akun @ayu_andriani89. [KM-06]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.