Kadin Sumut & NSWRG Korea Jalin Kerjasama Dalam Manajemen Smart Water

MEDAN, KabarMedan.com | Kadin Sumatera Utara menggelar pertemuan dengan National Smart Water Grid Research Group (NSWGRG) Republik Korea, di gedung Kadin Sumut, Senin (26/8/2019).

Pertemuan yang dipimpin Ketua Umum KADIN Sumatera Utara, Ivan Iskandar Batubara ini bertujuan mempresentasikan dan memperkenalkan program NSWRG dalam pemanfaatan kerjasama Manajemen Smart Water/Manajemen Air Bersih antara Pemerintah Republik Korea-Pemerintah Republik Indonesia khususnya di Sumatera Utara.

Program ini juga untuk mendiskusikan mengenai tindak lanjut kedatangan mereka ke Sumatera Utara tahun lalu yang telah meninjau daerah Belawan dan merupakan lokasi yang cocok untuk melakukan pilot project dan feasibility study sebagai langkah awal.

Dalam kunjungan ke Medan ini mereka juga akan melakukan pemetaan dan deteksi ke daerah Belawan, untuk teknis mereka akan bekerja dan berkoordinasi dengan PDAM Tirtanadi.

Sebagai informasi, bahwa sebelumnya tim dari NSWGRG juga telah melakukan audiensi pada hari yang sama ke PDAM Tirtanadi dan diterima Direksi PDAM Tirtanadi.

Pertemuan ini dihadiri Executive Director, ISAN Smart Water Grid Research Group, Republik Korea Mr. Seo Hyung Jin, Deputy General Manager, Mr. Kim Sul Ki, serta Senior Engineer Mr. Lee Min-Ho dan Mr. Kim Hee Ku, dan pengurus Kadin Sumut.

Ketua Kadin Sumut, Ivan Batubara menjelaskan, dengan mengoptimalkan jaringan ini maka akan mendapatkan lebih banyak dari infrastruktur yang ada tanpa perlu menginvestasikan banyak modal dalam teknologi baru untuk fasilitas pembangkit, transmisi dan distribusi, bahkan untuk membuat Grid Cerdas (Smart Grid), dengan menciptakan sistem sepenuhnya terintegrasi.

“Program ini sepenuhnya akan dibiayai oleh Pemerintah Korea, dengan adanya transfer teknologi ini diharapkan Sumber Daya Manusia di Sumatera Utara dapat mengoptimalkan kecanggihan teknologi ini dan nantinya akan di training oleh para ahli dari Korea. Kita berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” pungkasnya. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.