Banjir Masih Rendam Sergai, Warga Terdampak Alami Gangguan Kesehatan

SERDANG BEDAGAI, KabarMedan.com | Banjir masih merendam beberapa wilayah di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara hingga Kamis (25/11/2021).

Namun, ketinggian air sudah mulai surut dibeberapa lokasi. Kondisi air yang masih tergenang menimbulkan situasi baru.

Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai, Lia Simamora mengatakan warga yang tinggal di Posko penampungan akibat terdampak banjir kini mulai mengalami gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan tersebut yakni ispa, gangguan pencernaan, serta terkena dermatitis.

Baca Juga:  Kondisi Banjir yang Rendam Ratusan Rumah Warga di Tebing Tinggi Berangsur Surut

“Yang terkena dermatitis sekitar 90%, ispa 5% dan gangguan pencernaan 5%,” ungkap Lia.

Kemudian ia tidak menampik kondisi warga baik orang dewasa maupun anak-anak mulai mengalami gangguan kesehatan.

“Persentasenya 60% anak-anak dan 40% orang dewasa yang mengalami gangguan kesehatan,” ujarnya, Kamis (25/11/2021).

Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai tengah melakukan upaya untuk menangani situasi tersebut. Langkah yang dilakukan dengan rutin melakukan pemeriksaan terhadap warga.

Baca Juga:  Bobby Nasution Bakal Bikin Kolam Retensi Atasi Banjir di Medan

“Yang dilakukan dengan tetap melakukan pemeriksaan kesehatan setiap hari di Posko dan door to door,” tandasnya.

Diketahui banjir yang melanda Sergai telah berangsur lebih dari dua pekan. Wilayah yang cukup parah, yaitu di Dusun III, Desa Sei Rampah, Kecamatan Sei Rampah. Debit banjir saat ini sudah mulai menunjukkan penurunan 15 hingga 20 centimer. [KM-103]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.
Avatar
KabarMedan.com adalah media digital independen terintegrasi terkemuka di Kota Medan yang merupakan Kota terbesar ke-3 di Indonesia, dan diakses oleh rata-rata 100.000++ visitor perhari dengan jumlah tampilan laman perhari rata-rata 1,6 juta pageviews. KabarMedan.com juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai media terverifikasi dari Dewan Pers Indonesia, sehingga layak dipercaya oleh publik dan memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai sumber informasi. Untuk pemasangan iklan/advertorial/media partner silahkan menghubungi kami via WhatsApp 0819613506 pada jam kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 17.00 WIB.