Wow! Batmobile Classic Laku USD 4,6 Juta

Batmobile-1966-2

[kabarmedan.com] Batmobile, sedan konvertibelyang biasa ditunggangi Batman dan mitranya, Robin, saat membasmi kejahatan, kini dilego. Dalam pelelangan di Barrett-Jackson Auction House Scottsdale, Arizona, mobil si manusia kelelawar itu laku US$ 4,6 juta atau sekitar Rp 44,2 miliar.

The Hollywood Reporter mengabarkan, pemenang lelang Batmobile adalah Rick Champagne, pebisnis dan kolektor mobil asal Phoenix Arizona. Champagne mengaku telah menghadiri lelang di Barret-Jackson selama lima belas tahun untuk menunggu mobil-mobil antik dilego.

Penantian itu pun berbuah manis, karena Champagne kini bisa memiliki Batmobile, mobil superhero yang dikaguminya saat berusia 10 tahun. “Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan,” ujarnya, Senin, 21 Januari 2013.

Baca Juga:  AJI dan LBH Pers Minta Pelaksanaan Perpres Publishers Rights untuk Jurnalisme Berkualitas dan Kesejahteraan Jurnalis

Tak kurang edan, Champagne punya garasi khusus untuk menyimpan Batmobile: ruang tamu rumah. Pria 56 tahun ini berencana membobok tembok agar badan Batmobile yang lebar dan penuh aksesori bisa muat.

Batmobile yang dilelang kali ini adalah versi pertama yang muncul dalam serial televisi Batman dekade 1960-an. Mobil ini dirancang oleh perancang otomotif George Barris pada 1966. Barris hanya memerlukan waktu 15 hari untuk merancang bodi kit, warna, serta modifikasi komponen-komponen tertentu. Total dana yang dihabiskan untuk membuat Batmobile versi pertama adalah US$ 15 ribu (Rp 144 juta).

Baca Juga:  AJI dan LBH Pers Minta Pelaksanaan Perpres Publishers Rights untuk Jurnalisme Berkualitas dan Kesejahteraan Jurnalis

Sejatinya, Batmobile 1966 adalah sedan Lincoln Futura 1955. Sedan dua penumpang tanpa atap ini dibekali mesin V-8 berkapasitas 5.700 cc dengan kemampuan 500 daya kuda. Mobil buatan Ford ini bisa melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam dalam waktu 5,6 detik. Selain bodi kit khas Batman, aksesori lain yang dimiliki Batmobile adalah parasut, pemadam kebakaran otomatis, serta alarm anti-maling.

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.