BMKG Prediksi Hujan Lebat Mengguyur Wilayah Pegunungan, Masyarakat Sumut Diminta Waspada

Ilustrasi.

MEDAN, KabarMedan.com | Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca di Sumatera Utara hari ini, Selasa (16/8/2022).

Prakirawan Balai BMKG Wilayah I Medan, Budi Prasetyo, mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di pegunungan, lereng barat, lereng timur dan pantai barat di Sumatera Utara.

“Waspadai potensi hujan dengan intensitas lebat di wilayah pegunungan, lereng barat, lereng timur dan Pantai Barat pada Selasa sore dan malam hari,” kata Budi Prasetyo.

Baca Juga:  Polres Sergai Tegas Berantas Narkoba, Judi, dan Kejahatan Lainnya

Dia menjelaskan secara umum cuaca di Sumut pada siang hingga sore berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang yang terjadi di wilayah Kepulauan Nias, Samosir, Karo, Deli Serdang, Tapanuli Utara, dan Tapanuli Selatan.

Kondisi yang sama juga diramal akan terjadi di Kabupaten Simalungun, Kota Pematangsiantar, Toba, Dairi, Pakpak Bharat dan sekitarnya.

Sementara beranjak malam, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Baca Juga:  Polres Sergai Tegas Berantas Narkoba, Judi, dan Kejahatan Lainnya

Budi mengatakan, suhu udara diperkirakan berada pada 17- 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara berada pada 60-95 persen.

Sedangkan angin diprediksi akan berhembus dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.