Dorong Lahirnya Calon Inovator Muda, Sampoerna Academy Kembali Gelar STEAM Expo 2024

MEDAN, KabarMedan.com | Sampoerna Academy berkomitmen untuk membuka pintu menuju masa depan inovatif dan berdaya saing tinggi melalui pendidikan STEAM yang inspiratif dan berkualitas, salah satunya melalui penyelenggaraan STEAM EXPO 2024 yang secara serentak diselenggarakan di seluruh sekolah Sampoerna Academy Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya, dan Medan.

Acara ini merupakan platform untuk menampilkan karya-karya siswa dan menginspirasi lahirnya calon inovator muda yang peka terhadap kebutuhan dan kondisi sekitarnya, seperti isu keberlanjutan, budaya, hingga arsitektural.

Metode pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) merupakan cara mendorong dan membantu siswa untuk mengintegrasikan dan menerapkan pengetahuan di berbagai ilmu, sehingga dapat memfasilitasi mereka berpikir dengan cara yang saling terhubung dan holistik serta dapat langsung menerapkannya pada masalah-masalah yang berorientasi pada kehidupan nyata.

Penerapan metode STEAM Sampoerna Academy dirancang untuk memperkuat lima komponen penting siswa yang disebut 5C (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration, and Character) yang dapat memungkinkan siswa menjadi inovator serta pemberi solusi di masa depan.

Mary Jane Luyon-Fajardo selaku Principal of Sampoerna Academy Medan Citra menjelaskan bahwa acara yang digelar setiap tahun ini merupakan suatu wadah untuk menunjukkan perkembangan pembelajaran bagi para siswa.

“Program ini sejalan dengan visi Sampoerna Academy untuk terus mengakselerasi terciptanya pemimpin masa depan yang menjadi pembelajar seumur hidup yang kreatif, berpikir kritis dan problem solver. Kegiatan ini dijadikan sebagai momen bagi para siswa untuk berinovasi dengan menerapkan ilmu selama pembelajaran di sekolah. Tahun ini, para siswa menciptakan karya berbasis STEAM yang terkait dengan kebutuhan dan kondisi yang ada di sekitar, seperti isu keberlanjutan, seni dan budaya, hingga arsitektural,” ungkap Mary Jane.

Baca Juga:  Pengungkapan Narkoba di Perairan Asahan, 1 Pelaku Ditangkap dan 24 Kg Sabu Asal Malaysia Disita

STEAM Expo 2024 digelar dengan tema ‘Build, Create & Innovate’ secara serentak diadakan di seluruh sekolah Sampoerna Academy Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya,dan Medan pada tanggal 1 – 2 Maret 2024 dengan total 700 karya dan 2.000 peserta.

Untuk Sampoerna Academy Medan Citra terdapat 201 karya yang didaftarkan dengan beberapa highlight proyek, di antaranya: Van de Graaff Generator, Automatic Planting Vehicle, Vortex Cannon, Optical Illusion Mirror, dan Mini Energy Generator.

Aliaa Mohamed Samaha selaku Science Curriculum Head Sampoerna Academy menjelaskan proses bimbingan para guru kepada para peserta dalam membuat proyek STEAM.

“Para guru melakukan pendampingan penuh kepada siswa selama proses pembuatan proyek. Untuk dapat menentukan tema proyek, kami menstimulasi siswa untuk dapat peka, berpikir kritis dan kreatif dengan melihat permasalahan dari berbagai perspektif berdasarkan kondisi yang relevan dengan saat ini. Kemudian para siswa akan menganalisa dan mengobservasi sehingga dapat menghasilkan suatu inovasi untuk memecahkan masalah. Untuk selanjutnya, kami mengevaluasi proyek secara berkala agar proyek siswa dapat ditampilkan dengan optimal,” jelas Samaha.

Baca Juga:  Lakukan Pelanggaran, M. Ali Yusuf Siregar Terancam Pidana dan Pembatalan Cakada

Acara ini juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang sejalan dengan misinya untuk mendukung pembinaan calon inovator muda.

“Kemendikbudristek memiliki program Pusat Prestasi Nasional serta berbagai ajang olimpiade untuk mencari talenta-talenta muda di Indonesia. Kami berharap melalui pembelajaran STEAM dan acara STEAM Expo 2024 yang dilakukan Sampoerna Academy ini, Sumatera Utara bisa menghasilkan inovator-inovator muda yang bisa menjadi pemimpin di masa depan,” ujar Syahdian selaku Ketua Tim Kerja Inovasi dan Transformasi Pembelajaran BPMP Wilayah Sumatera Utara, UPT Kemendikbudristek RI.

Dalam rangkaian acara ini, Sampoerna Academy juga kembali menghadirkan STEAM Inter-School Competition 2024 yang memberikan kesempatan kepada para siswa dari sekolah lain untuk turut berpartisipasi dan berkompetisi dengan metode STEAM.

Acara ini diadakan sebagai upaya Sampoerna Academy untuk mendorong minat generasi muda untuk menjadi inovator masa depan melalui pengalaman langsung yang menarik baik dalam konteks pendidikan maupun di luar lingkungan sekolah.

“Kami berharap dengan diselenggarakannya STEAM Expo 2024 dapat menjadi inspirasi bagi lebih banyak anak untuk bisa menjadi inovator muda yang peka terhadap kondisi di sekitar mereka, sehingga mereka menjadi generasi unggul yang mampu membawa masa depan menjadi lebih baik,” tutup Mary Jane [KM-09]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.