Gelar Evaluasi Kualitas Udara, Pemko Medan Lakukan Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Masyarakat

MEDAN, KabarMedan.com | Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) dengan melaksanakan uji emisi gas buang kendaraan roda empat dengan bahan bakar bensin/solar secara gratis bagi masyarakat Kota Medan di Lapangan Benteng Medan, pada Selasa (14/6/2022).

Pengujian dilakukan pertama kali dilakukan terhadap kendaraan Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman. Kemudian dilanjutkan dengan mobil milik Dandim 0201/Medan. Dari hasil uji emisi gas buang yang dilakukan, kondisi kendaraan keduanya dinyatakan dalam keadaan baik sebab memiliki emisi gas buang yang dibawah ambang batas.

Aulia Rachman pun mengajak masyarakat bergabung untuk segera memeriksakan emisi gas buang kendaraan bermotor mereka.

“Masyarakat tidak perlu takut dengan adanya uji emisi gas buang ini. Justru ada keuntungan yang bisa diperoleh, masyarakat dapat mengetahui kondisi kendaraan bermotornya apakah dalam keadaan baik atau tidak melalui uji emisi gas buang yang dilakukan tersebut,” ujarnya.

Baca Juga:  Sambung Silaturrahmi, Empat Organisasi Kepemudaan Islam Sepakat Warnai Pembangunan Sumut

EKUP juga dikatakan Aulia Rachman merupakan bagian dari kewajiban Pemerintah Kota Medan untuk terus menjaga kualitas udara. Masyarakat juga sekaligus dapat mengetahui apakah kendaraan mereka butuh segera dapat perawatan atau tidak.

“Gas buang yang melewati ambang batas emisi tentu menjadi warning bagi pemiliknya agar segera merawat kendaraanya, apakah itu menggunakan BBM yang ramah lingkungan atau melakukan perawatan lainnya. Kita harus saling menguntungkan, kendaraannya bagus dan udara di Kota Medan akan semakin lebih baik,” tuturnya.

Baca Juga:  Sambut Libur Panjang Idul Adha 1445 H, PT KAI Divre I Sumut Operasikan KA Tambahan Sribilah Utama Fakultatif

Sementara itu Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Zulfansyah Ali Sahputra dalam laporannya menjelaskan bahwa uji emisi gas buang yang digelar selama tiga hari itu merupakan bagian dari EKUP Kota Medan. Kegiatan itu juga menargetkan 1.200 unit kendaraan bermotor roda empat yang ingin memeriksa emisi gas buang.

“Selain Lapangan Benteng, uji emisi gas buang akan kita lakukan di dua tempat lainnya yakni Taman Makan Pahlawan pada 15 Juni dan Tomang Elok pada 16 Juni. Kita targetkan selama tiga hari ini sebanyak 1.200 kendaraan bermotor roda empat dapat diuji emisi gas buangnya,” pungkasnya. [KM-06]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.