Gelar Halal Bi Halal dan Rakerda, Warga Al Jamiyatul Washliyah Diajak Bersatu Padu di Momen Syawal

SERDANG BEDAGAI, KabarMedan.com | DPD Al Jamiyatul Wahliyah Kabupaten Serdang Bedagai mengadakan Halal Bi Halal dalam rangka Idul Fitri 1444 Hijriyah sekaligus Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I di MAS PPQ Al Washliyah Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Sabtu (20/05/2023).

Ketua Al Washliyah Sergai, Dauli Damanik dalam sambutannya mengajak warga Al Jamiyatul Washliyah Kabuaten Sergai bersatu dan tidak berpecah belah serta menjadikan Syawal ini sebagai sarana istimewa untuk saling memaafkan.

“Saya berharap hari ini kita benar-benar bersyawal, terutama warga Al Jamiyatul Washliyah, jangan ada lagi saling mencurigai, jangan ada lagi saling permusuhan itu sudah kita tuntaskan lewat Syawal ini, yang dibuktikan dengan saling meminta dan memberi maaf”, ujarnya.

Ia membayangkan, jika Al Jamiyatul Washliyah bersama Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam lain di Sergai dapat bersatu mendukung pembangunan maka Kabupaten Sergai mengalami kemajuan dengan pesat.

Olehkarena itu Ia mengungkapkan, momen Halal Bi Halal ini merupakan momen penting bagi Al Jamiyatul Washliyah Sergai, dimana momen ini menjadi momen kebangkitan bagi seluruh warga Al Jamiyatul Washliyah seperti pada masa tahun 2008 silam.

Baca Juga:  Ribuan Warga Medan Padati Lapangan Sejati Pratama Laksanakan Salat Idul Fitri Bersama Bobby Nasution

Sementara itu, Ketua DPW Al Jamiyatul Washliyah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Dedi Iskandar Batu Bara menyampaikan beberapa pesan penting berkaitan dengan tema Rakerda I Al Washliyah Sergai ini.

Pertama katanya, pusat kaderisasi Al Jamiyatul Washliyah berada di Madrasah dan Sekolah-sekolah. Pusat kaderisasi ini dimulai dari pendidikan terendah hingga perguruan tinggi, dimana pusat kaderisasi terbesar itu ada di Kabupaten Sergai, dimana ada lebih kurang 124 Madrasah dan Sekolah serta mayoritas warganya adalah keluarga Al Washliyah.

Pusat Kaderisasi kedua lanjutnya, bahwa kader Al Washliyah tidak terlepas dari Mesjid dan Majelis Ta’lim seperti yang dilakukan oleh para pendiri-pendiri terdahulu.

“Untuk itu jika ada warga Al Washliyah yang jarang muncul di Mesjid dan Majelis Taklim maka Organisasi ini akan tinggal menunggu kehancurannya saja”, ujarnya.

Olehkarena itu, Ia berharap seluruh warga Al Washliyah bersatu padu tidak terpecah karena, Al Washliyah didirikan sebagai penghubung atau jembatan yang hadir dapat memberikan solusi bukan menimbulkan masalah, sesuai dengan keinginan para pendiri terdahulu.

Sedangkan Bupati Sergai, Darma Wijaya didampingi Wabup Adlin Tambunan menyampaikan, Ormas islam Al Washliyah ini terbesar di Kabupaten Sergai yang ditandai dengan hadirnya sekolah dan madrasah Al Washliyah di seluruh pelosok Kabupaten Sergai.

Baca Juga:  Tawuran Geng Motor Pecah di Desa Sei Rotan, Warga Ketakutan

Hadirnya Al Washliyah membantu Pemkab Sergai menciptakan SDM yang unggul, dengan munculnya Qori-Qoriah yang dididik di Lembaga Pendidikan Al Washilyah hingga mengharumkan nama Kabupaten Sergai di tingkat nasional dan internasional.

“Kami sangat berterima kasih kepada Al Washliyah yang membina anak-anak kami semua hingga mereka berhasil menemukan potensinya”, tukasnya.

Senada disampaikan Wabup Adlin Tambunan, Ia juga menyampaikan terim kasih kepada Al Washliyah, serta mengajak seluruh warga Al Washliyah juga turut mensukseskan Pemilu 2024.

“Mari kita jaga Pemilu 2024 yang aman dan kondusif dengan mengedepankan kekeluargaan. Beda Partai dan pilihan itu biasa, tapi persatuan dan kesatuan harus kita jaga. Jangan lagi banyak hal yang tidak mengenakkan terjadi. Sama-sama kita wujudkan Pemilu yang damai, tertib dan rahasia. Insya Allah Pemilu 2024 berjalan lancar dan aman”, pungkasnya.[KM-04]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.