Gerakkan Ekonomi Daerah Pada Event Dunia, Pertamina Hadirkan Mitra Binaan Toba UMKM Expo 2024

TOBA, KabarMedan.com | PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) meng­ikutsertakan empat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mitra binaan unggulan dalam Toba UMKM Expo 2024 bersamaan dengan Pertamina Grand Prix of Indonesia F1 Powerboat. Kegiatan Toba UMKM Expo 2024 ini dilaksanakan di Kawasan Balai Adat Tugu D.I Panjaitan, Balige – Toba, Sumatera Utara pada 1-3 Maret 2024.

“Kami mendukung Toba UMKM Expo 2024, event ini bersamaan dengan Pertamina Grand Prix of Indonesia F1 Powerboat. Tentunya kami juga senang sekali bisa mengajak UMKM mitra binaan Pertamina untuk hadir dalam event dunia ini,” ujar Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Sumbagut, Susanto August Satria dalam kunjunganya ke booth UMKM di Toba UMKM Expo, Sabtu (2/3).

Ia mengatakan, kehadiran UMKM binaan ini sebagai bentuk dukungan Pertamina Patra Niaga untuk memperkenalkan Sumatera Utara ke dunia internasional sekaligus menggerakkan ekonomi daerah.

“Produk-produk UMKM mitra binaan Pertamina ini bermacam-macam antara lain kain tenun Batak atau biasa disebut ulos, cake, cookies, aneka keripik, minuman kopi, bubuk kopi dan sebagainya. Kami berharap produk UMKM binaan Pertamina ini diminati oleh pengunjung dan dapat menggerakkan ekonomi daerah,” kata Satria.

Adapun empat UMKM mitra binaan Pertamina yang hadir dalam Toba UMKM Expo 2024 ini adalah Tanaya Dominic Patisserie dari Humbang Hasundutan, Tenun Ulos Sakkamadeha dari Samosir, Zack Krezz Chips dari Tebing Tinggi dan Birna Coffee dari Pematangsiantar.

Baca Juga:  Bupati dan Wakil Bupati Tunaikan Sholat Id Bersama Ribuan Umat Islam di Mesjid Agung Sergai

Sementara itu, Pemilik Tanaya Dominic Patisserie, Yenny Octaviana Aritonang merasa sangat senang dan bangga karena Tanaya Dominic Patisserie dapat berpartisipasi dalam event Toba UMKM Expo 2024. Ia bergabung menjadi mitra binaan Pertamina sejak 2019.

“Peserta Pertamina Grand Prix of Indonesia F1 Powerboat ini kan dari luar negeri, saya ingin memperkenalkan cookies andaliman kepada mereka. Saya harap produk Tanaya Dominic Patisserie bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Sumatera Utara dan semoga Pertamina selalu mendukung UMKM yang mau maju, berkreativitas dan berinovasi,” kata Yenny.

Hal senada juga diungkapkan Pemilik Zack Krezz Chips, Ahmad Zaki. Ia mengaku sangat senang dapat bertemu dengan pelaku UMKM dari berbagai daerah dalam event ini. Zack Krezz Chips menyediakan aneka keripik dengan berbagai varian rasa yakni keripik kentang rumput laut, kentang balado ebi, keripik pisang coklat, dan lain-lain.

Dalam kesempatan yang sama, Pengelola Tenun Ulos Sakkamadeha
Stella Florensia Hutajulu menambahkan, pihaknya menyediakan kain tenun Batak (ulos dan uis), baju, syal, dasi, pita berbahan tenun dan batik Batak. Ia merasa sangat senang karena terpilih menjadi salah satu UMKM yang bisa mengisi booth di Toba UMKM Expo.

“Senang sekali karena kami terpilih menjadi salah satu UMKM yang bisa mengisi booth event ini dari sekian banyak mitra binaan Pertamina. Harapan saya dengan adanya event ini, produk UMKM dapat menghasilkan penjualan yang baik dan produk lokal bisa dikenal serta dipromosikan kepada wisatawan asing dan domestik,” kata Stella.

Baca Juga:  Tawuran Geng Motor Pecah di Desa Sei Rotan, Warga Ketakutan

Selain itu, UMKM mitra binaan Pertamina, Yahya Yoanda dari Birna Coffee mengatakan ia senang menjadi bagian dari UMKM dalam Toba UMKM Expo 2024 dan Pertamina Grand Prix of Indonesia F1 Powerboat. Diharapkan kegiatan ini memberi dampak positif untuk mendorong kemajuan UMKM.

“Sebuah pengalaman yang baru, unik dan asyik, kami bisa memeriahkan Toba UMKM Expo ini. Saya berharap Pertamina tetap mendukung UMKM untuk ikut serta dalam kegiatan event seperti ini, dan event-event selanjutnya,” ucap Yahya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Toba, Augus Sitorus dan Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Toba, Salomo Herbert Kasrianto Simanjuntak mengunjungi
booth UMKM mitra binaan Pertamina di Toba UMKM Expo, Jumat (1/3) sore.

Salomo Herbert Kasrianto Simanjuntak menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Toba dalam hal ini bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI beserta instansi pendukung lainnya memandang bahwa ajang internasional yang kedua kalinya dilaksanakan di Toba ini harus menjadi momentum bagi perluasan akses pasar produk UMKM kawasan Toba. [KM-09]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.