Harga Beras Picu Kenaikan Inflasi di 5 Kota IHK di Sumatera Utara Pada Oktober

MEDAN, KabarMedan.com | Pada Oktober 2023 inflasi Sumatera Utara secara Year on year (yoy) terjadiekitar 2,60 persen.

Ini terjadi akibat naiknya harga sejumlah komoditi pangan di seluruh kota Indeks Harga Konsumen (IHK) yakni di Sibolga, Pematangsiantar, Medan, Padangsidimpuan, dan Gunungsitoli.

Statistisi Ahli Utama BPS Sumut, Misfaruddin menjelaskan Inflasi yang terjadi pada Oktober ini mencatatkan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 114,14.

“Dari lima kota IHK di Sumatera Utara, inflasi yoy tertinggi terjadi di Sibolga sebesar 4,33 persen dengan IHK sebesar 118,45 dan terendah terjadi di Medan sebesar 2,50 persen dengan IHK sebesar 113,59,” Jelasnya Rabu (01/11).

Baca Juga:  Pertamina Pastikan Stok dan Distribusi BBM Aman Pasca Banjir Bandang di Humbahas

Inflasi yoy terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya seluruh indeks harga kelompok pengeluaran, yaitu kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 5,12 persen.

“Selanjutnya kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,81 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 1,00 persen; kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 1,31 persen; kelompok kesehatan sebesar 3,53 persen; kelompok transportasi sebesar 0,51 persen, “tambah Misfaruddin.

Kemudian, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,22 persen; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 2,46 persen; kelompok pendidikan sebesar 2,83 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 1,90 persen; dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 2,78 persen.

Baca Juga:  12 Tahun OJK Mengabdi Memajukan Sumatera Utara

“Komoditas utama penyumbang inflasi yoy pada Oktober 2023, antara lain beras, rokok kretek filter, tomat, daging ayam ras, akademi/perguruan tinggi, emas perhiasan, dan bawang putih,‚ÄĚsebut Mifaruddin seraya menyebutkan tingkat deflasi month to month (mtm) Oktober 2023 sebesar 0,07 persen dan tingkat inflasi year to date (ytd) Oktober 2023 sebesar 1,22 persen. [KM-09]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.