Hore! Akhirnya Pemerintah Ijinkan Bioskop Kembali Dibuka

Pemerintah ijinkan bioskop kembali beroperasi dengan empat syarat. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, KabarMedan.com | Setelah setahun lebih, pemerintah akhirnya memperbolehkan bioskop untuk dibuka kembali. Namun, pengelola bioskop harus memenuhi empat syarat dari pemerintah.

Beberapa diantara syarat tersebut adalah bioskop yang boleh beroperasi ada di wilayah yang berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan 2.

Ada juga penggunaan aplikasi PeduliLindungi, untuk mengonfirmasi setiap pengunjung apakah sudah terdata sebagai penerima vaksin. Selain itu juga penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa ijin dibukanya kembali bioskop karena penanganan Covid-19 yang dinilainya sudah semakin membaik.

Baca Juga:  Ratusan Nakes Turun ke Jalan Minta Jaminan Keamanan

“Akan dilakukan penyesuaian dan memperketat aktivitas masyarakat dalam minggu ini, dengan pembukaan bioskop yang diisi maksimal 50 persen di wilayah dengan status Level 3 dan 2,” jelasnya, Senin malam (13/9/2021).

Luhut menambahkan, hanya orang yang terkonfirmasi hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang bisa masuk ke dalam area bioskop dengan penerapan prokes yang ketat.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap dengan dibukanya kembali bioskop dapat mengembangkan kembali industri perfilman nasional.

“Kita akan melakukan uji coba pembukaan bioskop pada minggu ini dengan kapasitas 50 persen. Semoga ini bisa menggiatkan kembali industri perfilman dan bisa menjadi promosi untuk membangkitkan semangat di industri film,” paparnya.

Baca Juga:  Jokowi Minta Dunia Usaha Bantu Perbaikan Ekonomi

Menanggapai kebijakan ini, Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syarifuddin mengaku sudah ada beberapa persiapan yang dilakukan oleh pengelola bioskop.

Berbagai persiapan tersebut seperti penerapan protokol kesehatan di dalam bioskop, film yang akan ditayangkan hingga penyediaan barcode  untuk aplikasi PeduliLindungi.

Tak hanya pembukaan bioskop, nantinya pemerintah juga akan membuka tempat wisata dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan implementasi platform PeduliLindungi di wilayah yang berstatus PPKM Level 3 dan 2.  [ KM-102]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.
 
 
Avatar
KabarMedan.com adalah media digital independen terintegrasi terkemuka di Kota Medan yang merupakan Kota terbesar ke-3 di Indonesia, dan diakses oleh rata-rata 100.000++ visitor perhari dengan jumlah tampilan laman perhari rata-rata 1,6 juta pageviews. KabarMedan.com juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai media terverifikasi dari Dewan Pers Indonesia, sehingga layak dipercaya oleh publik dan memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai sumber informasi. Untuk pemasangan iklan/advertorial/media partner silahkan menghubungi kami via WhatsApp 0819613506 pada jam kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 17.00 WIB.