HUT Kabupaten Humbahas Ke-12, Mendagri : Semoga Humbahas Semakin Maju

DOLOKSANGGUL, KabarMedan.com | Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo, menyatakan apresiasi atas pembangungan di Kabupaten Humbang Hasundutan. Apresiasi tersebut disampaikan Tjahjo saat menghadiri HUT Kabupaten Humbahas Ke-12 di halaman kantor Bupati Humbahas, Selasa (28/7/2015).

Mendagri hadir bersama Wakil Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, dan sejumlah pejabat lainnya. Kehadiran rombongan disambut Bupati Humbahas Maddin Sihombing, Wakil Bupati Marganti Simanullang, Sekda Saul Situmorang, dan sejumlah tokoh agama serta masyarakat.

Saat tiba, Mendagri dan Wagubsu langsung disambut dengan pemakaian adat khas Batak Toba oleh Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN).

Dalam sambutannya, Tjahjo mendorong Kabupaten Humbahas menggerakkan seluruh potensi yang dimiliki guna mendongkrak laju pembangunan, termasuk memaksimalkan pertaninan unggulan yakni kopi dan kemenyan.

“Atas nama pribadi, Kemendagri dan Pemerintah, saya mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun untuk semua masyarakat Humbang Hasundutan, pejabat, tokoh agama dan pemuka masyarakat. Semoga Humbang Hasundutan semakin maju dan berkembang menjadi kabupaten unggul dan mandiri,” ujar Tjahjo.

Sesuai dengan semboyan Kabupaten Humbahas, Humbang Hasundutan Mandiri dan Sejahtera (Huta Mas), Tjahjo juga mengajak seluruh masyarakat saling dukung dengan Pemerintah Provinsi Sumut dan pemerintah pusat untuk saling bersinergi dalam merancang pembangunan.

Baca Juga:  Polres Sergai Tegas Berantas Narkoba, Judi, dan Kejahatan Lainnya

“Program pembangunan harus saling dukung. Sinergi antara seluruh tingkatan akan mendukung pencapaian menuju masyarakat sejahtera,” imbau Tjahjo.

Tjahjo juga menyatakan terkesan dengan pemberian pakaian adat khas Batak Toba. “Penghormatan ini akan saya kenang selamanya,” sebut Tjahjo.

Sementara Wagubsu Tengku Erry Nuradi menyatakan, selain pertanian kopi dan kemenyan, Kabupaten Humbahas memiliki potensi pertanian lainnya yang tidak kalah berpotensi untuk dikembangkan, diantaranya kelapa sawit, karet, kulit manis, kakao, jagung, aren, kelapa, tebu, jahe, cengkeh dan andaliman.

“Berdasarkan data yang ada, lahan pertanian cabai di Kabupaten Humbahas tahun 2007 tercatat 612 hektar dengan hasil panen mencapai 3 ton pertahun. Ini potensi yang layak dikembangkan. Pertanian yang potensial lainnya adalah kubis, tomat, kentang, sawi, wortel dan bawang merah,” ujar Erry.

Dalam kesempatan yang sama, Erry juga mendorong Kabupaten Humbahas mengembangkan sektor energi dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan memanfaatkan sejumlah air terjun diantaranya air terjun Sipulak (75m), Sisira (75m) dan Simarhilang (50 m) yang keempatnya berada di Desa Sijarango (Janjimatogu), Kecamatan Pakkat.

Baca Juga:  Polres Sergai Tegas Berantas Narkoba, Judi, dan Kejahatan Lainnya

“Sumatera Utara hingga saat ini masih mengalami krisis listrik. Dengan adanya pembangkit baru di sejumlah Kabupaten dan Kota, diharapkan kebutuhan listrik dapat terpenuhi,” harap Erry.

Dalam HUT Kabupaten Humbahas, Tjahjo Kumolo dan Tengku Erry Nuradi secara simbolik menyerarhan trophy penghargaan kepada perwakilan Kecamatan dan Desa Terbaik di Kabupaten Humbahas tahun 2015.

HUT Humbahas Ke-12 juga dimeriahkan lantunan seribu seruling bambu yang dibawakan siswa dari sejumlah SMA  di Humbahas dengan menyanyikan lagu Aek Sibundong, Kulihat Ibu Pertiwi, Indonesia Pusaka, The Angel, Middley Rambadia, Rege-rege dan Taridem-idem. Lantunan seribu seruling ini merupakan gerakan Seruling Nusantara. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.