Kantor Bank Sumut Cabang Batam dan Pulau Tello Diresmikan

BATAM, KabarMedan.com | Penandatanganan prasasti di halaman depan Kantor Bank Sumut Cabang Batam oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto, dan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, menandai acara puncak Grand Launching Bank Sumut Cabang Batam, Rabu (4/4/2018).

Dengan demikian, kantor cabang Bank Sumut yang merupakan salah satu kantor di luar Sumatera Utara tersebut resmi beroperasi. Tidak hanya Kantor Cabang Batam, Kantor Cabang Pulau Tello, kantor yang berada di pulau terluar Sumatera, juga turut diresmikan.

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi, M. Si, Wakil Gubernur Kepulauan Riau, H. Isdianto, Plt. Sekretaris Daerah, Ibnu Sri Hutomo, Direktur Pengawasan OJK Kantor Regional 5 Sumbagut, Mulyanto, Kepala Bank Indonesia Kepulauan Riau, Gusti Raizal Eka Putra, Bupati Nias Selatan, Hillarius Duha, Danrem 033/Wira Pratama, Brigjen TNI Gabriel Lema, Dewan Komisaris Bank Sumut, Direktur Utama Bank Sumut, Edie Rizliyanto, Direktur Operasional Bank Sumut, Didi Duharsa, dan seluruh OPD Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi mengatakan, Bank Sumut yang merupakan bank terbesar di Pulau Jawa tentunya juga harus mampu melakukan ekspansi. Salah satunya adalah di Pulau Batam.

“Kita ketahui 30% masyarakat Pulau Batam ini adalah orang Sumut. Oleh karenanya ini adalah suatu potensi yang sangat luar biasa apabila Bank Sumut memiliki cabang di Pulau Batam,” katanya.

Demikian pula dengan Kantor Cabang Pembantu Pulau Tello. Dijelaskan Erry, keinginan untuk membuka kantor di Pulau yang terletak di Kabupaten Nias Selatan itu telah direncanakan sejak dua tahun lalu. “Hari ini Alhamdulillah kedua-duanya kantor ini diresmikan,” ujarnya.

Kedepan, Erry mengharapkan dengan kekompakan pengurus, Bank Sumut akan terus bisa meraih prestasi-prestasi yang tentunya membanggakan Bank Sumut sendiri dan Sumatera Utara.

Direktur Utama Bank Sumut, Edie Rizliyanto mengatakan, Bank Sumut telah memperluas jaringan kantor dengan membuka kantor-kantor cabang baru.

Diantaranya adalah Kantor Cabang Batam yang merupakan salah satu kantor di luar Sumatera Utara dan Kantor Cabang Pembantu Pulau Tello, yang berada di salah satu pulau terluar Sumatera.

“Dengan beroperasinya kedua kantor ini, kami berharap berbagai keperluan dan kebutuhan nasabah yang berkaitan dengan transaksi perbankan di kedua daerah ini dapat mampu terpenuhi,” ungkapnya.

Selain itu, melalui melalui kedua kantor cabang ini diharapkan nasabah akan merasa lebih aman dan nyaman dalam melakukan setiap transaksi perbankan.

“Dengan dukungan fasilitas yang ditawarkan, diharapkan Bank Sumut mampu terus meningkatkan kinerja keuangan serta secara konsisten menjalankan fungsi intermediasi yang seimbang,” cetusnya.

Corporate Secretary Bank Sumut, Syahdan Ridwan Siregar mengaku, acara Grand Launching Kantor Bank Sumut Cabang Pulau Batam dan Cabang Pembantu Pulau Tello ini sangat istimewa, karena dihadiri seluruh pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan juga mendapat kehormatan dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepualauan Riau.

Selain Grand Launching, malamnya juga digelar malam kebersamaan dan temu kangen seluruh unsur elemen masyarakat Sumut yang ada di Batam dengan menampilkan artis ibukota Victor Hutabarat.

Bank Sumut telah membukukan peningkatan laba yang cukup signifikan di tahun 2017, yaitu sebesar Rp. 630 milyar dibandingkan dengan laba tahun 2016 sebesar Rp 584,5 milyar.

Total aset Bank Sumut juga mengalami peningkatan yaitu mencapai Rp. 28,9 trilyun dibandingkan tahun lalu sebesar Rp. 26,1 trilyun. Disisi lain, Non Performing loan juga secara bertahap terus diturunkan hingga posisi saat ini sebesar 4,38%.

Dengan pencapaian-pencapaian ini, Bank Sumut menjadi bank daerah kelima terbesar di Indonesia sekaligus menjadi bank daerah terbesar di luar Jawa. Untuk terus meningkatkan pelayanan transaksi perbankan terutama di Sumatera Utara, Bank Sumut telah melakukan berbagai inovasi pengembangan produk dan jasa layanan dana dan kredit, baik konvensional maupun syariah serta terus memperluas jaringan pelayanan.

Saat ini Bank Sumut telah memiliki 292 jaringan kantor yang tersebar di seluruh Sumatera Utara, termasuk di Jakarta dan Batam, dan didukung 295 unit ATM yang terintegrasi dengan jaringan ATM Bersama.

Direktur Pengawasan OJK Kantor Regional 5 Sumbagut, Mulyanto, menyampaikan apresiasi atas ekspansi Bank Sumut ke Pualu Batam dan Pulau Tello.

Menurut Mulyanto, salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas bisnis bank serta mencapai target yang telah ditetapkan adalah dengan melakukan ekspansi atau perluasan jaringan kantor.

“Inilah upaya yang sedang dilakukan oleh Bank Sumut saat ini dengan membuka satu kantor cabang konvensional dan satu kantor cabang pembantu konvensional di Batam dan Pulau Tello,” jelasnya.

Ditambahkan Mulyanto, Bank Sumut terus berupaya memperluas jaringan dan jangkauan layanannya dalam rangka membuka akses perbankan yang lebih besar bagi masyarakat tidak hanya untuk masyarakat Sumatera Utara, tapi juga untuk masyarakat secara luas.

Kantor Cabang Batam merupakan kantor cabang konvensional yang ke-37 dari seluruh kantor cabang Bank Sumut dan merupakan kantor cabang ke-3 yang dibuka di luar Provinsi Sumatera Utara setelah dua kantor cabang dibuka di Provinsi DKI Jakarta, yaitu kantor cabang Senen dan Kantor Cabang Melawai.

Sedangkan Kantor Cabang Pembantu Pulau Tello merupakan kantor cabang pembantu konvensional ke-98 yang merupakan bank pertama yang beroperasi di wilayan Pulau Tello.

“Kami sangat mengapresiasi inisiasi dari pemerintah daerah dan Bank Sumut untuk melakukan ekspansi jaringan kantor di wilayah tersbut. Dengan menjadi satu-satunya bank di wilayah tersebut. Kami berharap kepada Bank Sumut untuk tidak hanya mengejar pencapaian target ekspansi kredit maupun DPK, namun juga berperan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat di wilayah tersebut serta meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap manfaat dan risiko dalam hal bertransaksi dengan lembaga sosial keuangan,” tambah Mulyanto.

Lebih lanjut, Mulaynto juga menjelaskan perkembangan PT. Bank Sumut tahun 2017 kami nilai cukup baik. Hal ini terlihat dari pertumbuhan total aset Bank Sumut tahun 2017 sebesar 10,68% atau diatas pertumbuhan aset perbankan Sumatera Utara yang tumbuh sebesar 8,97%. [KM-03]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.