Kontrak Katalog Elektronik Lokal Jawab Tuntutan Digital Bagi Perusahaan Penyedia Jasa

Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Afifi Lubis menanda tangani Kontrak Katalog Elektronik Lokal Provinsi Sumut dengan sejumlah perusahaan penyedia jasa tenaga keamanan dan kebersihan. (Foto: Diskominfo Sumut)

MEDAN, KabarMedan.com | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) menggelar penandatanganan kontrak katalog elektronik lokal untuk tenaga kebersihan dan keamanan, bersama para perusahaan penyedia jasa.

Upaya ini dinilai akan mempermudah proses administrasi dan verifikasi rekanan yang terdaftar.

Pj. Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Afifi Lubis menyatakan bahwa pemerintah ingin memberikan kesempatan yang lebih baik kepada penyedia jasa dengan penyederhanaan birokrasi.

Mengingat perhatian besar KPK guna penataan yang lebih baik. Sehingga kesempatan luas diberikan kepada masyarakat yang ingin ikut dalam proses tender.

“Tuntutan digitalisasi di masa sekarang sudah menjadi kebutuhan. Pada akhirnya para penyedia jasa dengan pemerintah sudah paham dengan proses elektronifikasi seperti ini,” ujarnya, Rabu (15/9/2021).

Afifi Lubis mengharapkan kerja sama yang dibangun dengan masyarakat bisa menjadi lebih baik di masa mendatang.

Baca Juga:  Medan Turun ke Level 3, Wali Kota Minta Masyarakat Jangan Euforia

Apalagi pemerintah pusat mengapresiasi upaya penyederhanaan birokrasi agar proses tender seperti pengadaan jasa kebersihan maupun keamanan yang menjadi kebutuhan penting lebih mudah dilakukan.

“Silahkan beri masukan kepada Pemprov, jika ada yang perlu kita perbaiki. Semoga ke depan proses tender akan lebih mudah dan transparan,” papar Afifi.

Sementara itu, Kepala PBJ Setdaprov Sumut, Mulyono menyampaikan tentang upaya mempermudah proses tender khusus bagi perusahaan penyedia jasa.

Adapun kategorinya yakni meliputi tenaga kebersihan, keamanan, alat tulis kantor, makan-minum dan seragam.

Proses pemilihan sendiri, mengikuti peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah melalui tender.

“Jadi semua yang ikut menandatangani akan mengikatkan diri kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, untuk masuk ke dalam e-katalog lokal. Sehingga, selanjutnya tidak lagi proses tender, hanya perlu verifikasi saja,” ucapnya.

Baca Juga:  Kekayaan Musa Rajekshah Naik Hampir Rp 40 Miliar, Edy Rahmayadi Turun Rp 8 Miliar

Dedi Darmawan Milaya salah satu pemilik perusahaan penyedia jasa kebersihan dan keamanan mengapresiasi langkah pemerintah dalam mempermudah masyarakat yang ingin ikut menjadi rekanan.

Katalog Elektronik lokal ini dinilai tidak akan membuat para pemilik perusahaan jasa direpotkan dengan proses administrasi dan dapat fokus pada peningkatan kinerja dan kualitas pekerjanya.

“Ini terobosan dari pemerintah, kita sebagai mitra secara administrasi jadi lebih mudah dan tidak ribet. Dalam katalog ini sudah dibuat oleh Biro Pengadaan Barang dan Jasa untuk kita siapkan dan lengkapi,” ucapnya. [KM-07]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.
 
 
Avatar
KabarMedan.com adalah media digital independen terintegrasi terkemuka di Kota Medan yang merupakan Kota terbesar ke-3 di Indonesia, dan diakses oleh rata-rata 100.000++ visitor perhari dengan jumlah tampilan laman perhari rata-rata 1,6 juta pageviews. KabarMedan.com juga telah mendapatkan sertifikasi sebagai media terverifikasi dari Dewan Pers Indonesia, sehingga layak dipercaya oleh publik dan memiliki kredibilitas yang tinggi sebagai sumber informasi. Untuk pemasangan iklan/advertorial/media partner silahkan menghubungi kami via WhatsApp 0819613506 pada jam kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 17.00 WIB.