Lembaga Pendidikan Islam Al-Fattah Hamparan Perak Gelar Japan Day

Siswa/i antusias untuk menyaksikan acara Japan Day.

DELI SERDANG, KabarMedan.com | Lembaga Pendidikan Islam Al-Fattah, Desa Lama, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang menggelar acara Japan Day, pada Rabu (24/8/2022) sebagai peringatan tahun pertama peresmian gedung sekolah tahun anggaran 2020.

Gedung sekolah tersebut dibangun melalui bantuan hibah grassroots dari Pemerintah Jepang senilai Rp1.224.025.413,-.

Pada awalnya, sebagai satu-satunya SMP di Desa Lama, pihak yayasan memiliki kesulitan dalam menampung murid sekolah karena terbatasnya kapasitas ruang belajar dan peralatan sekolah.

Yayasan berusaha membangun gedung baru untuk menyediakan sarana dan prasarana yang mumpuni tetapi terkendala dana.

Sekolah tidak mengutip Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), dan hanya mengandalkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Baca Juga:  Pengungkapan Narkoba di Perairan Asahan, 1 Pelaku Ditangkap dan 24 Kg Sabu Asal Malaysia Disita

Sebagai pertimbangan karena kondisi tersebut, Konsulat Jenderal Jepang di Medan merealisasikan permohonan pembangunan gedung sekolah SMP pada 28 Januari 2020.

Gedung kemudian diresmikan pada 3 Maret 2021 dengan kondisi yang lebih baik dan fasilitas yang memadai, sehingga dapat menampung murid lebih banyak dan masyarakat sekitar bisa menyekolahkan anak mereka ke tingkat SMP.

Konsul Muda Kubo dari Konsulat Jenderal Jepang di Medan mengatakan, sangat mengapresiasi langkah Lembaga Pendidikan Islam Al-Fattah untuk menyediakan fasilitas yang layak bagi murid yang ingin melanjutkan sekolah khususnya yang berasal dari daerah sekitar.

“Kami juga berterima kasih kepada yayasan yang sudah merawat gedung sekolah dengan baik,” ucap Kubo.

Baca Juga:  Selama Libur Sekolah, KAI Divre I Sumut Berangkatkan Lebih Dari 146 Ribu Penumpang

Acara Japan Day merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan sejak gedung sekolah tersebut diresmikan oleh Konsulat Jenderal Jepang.

Acara diisi dengan berbagai perlombaan dan pertunjukan kesenian yang berhubungan dengan Jepang dengan peserta siswa/i sebagai bentuk rasa syukur oleh yayasan penerima hibah.

Bantuan hibah grassroots sendiri merupakan salah satu bentuk kepedulian masyarakat Jepang terhadap masyarakat Indonesia.

Dengan acara Japan Day ini diharapkan minat dari siswa/i Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Al-Fattah terhadap Jepang meningkat, dan juga hubungan persahabatan Jepang dan Indonesia semakin erat. [KM-01]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.