Mudik Bareng Pemko Medan Berangkatkan 5000 Orang ke 12 Kota, Catat Waktu dan Pendaftaranya

MEDAN, KabarMedan.com | Pemko Medan menggelar mudik gratis di tahun 2023/1444 H. Bertajuk ‘Mudik Bareng Pemko Medan 2023’, Pemko Medan siap memberangkatkan 5.000 orang ke 12 Kota tujuan di Sumatera Utara.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar S mengatakan, masyarakat yang ingin memanfaatkan program mudik bareng Pemko Medan tersebut sudah dapat menyiapkan diri untuk segera mendaftar sebagai peserta mudik.

“Pendaftaran dibuka mulai tanggal 3 April hingga 6 April 2023. Untuk memudahkan masyarakat yang ingin mendaftar, pendaftaran akan dibuka lewat dua jalur, yaitu secara online dan offline,” ucap Iswar, di Medan, Sabtu (25/3/2023).

Dijelaskan Iswar, untuk pendaftaran secara online, dapat dilakukan dengan menggunakan Google Form lewat alamat https://forms.gle/guAYTWicmXMynJY59 atau melalui scan barcode yang telah disediakan.

Sementara untuk pendaftaran secara offline atau langsung, Dinas Perhubungan Kota Medan akan membuka 3 lokasi tempat pendaftaran, yakni di kantor Dinas Perhubungan Kota Medan (Jalan Pinang Baris No.114 A, Medan Sunggal), Kantor PKB Amplas (Jalan K.H. Rifai A Manaf Lubis, Medan Amplas), dan di Taman Ahmad Yani (Jalan Imam Bonjol, Medan Maimun).

“Pendaftaran secara offline atau langsung dibuka mulai Pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Saat melakukan pendaftaran, masyarakat harus membawa identitas diri,” ujarnya.

Baca Juga:  Lakukan Pelanggaran, M. Ali Yusuf Siregar Terancam Pidana dan Pembatalan Cakada

Setelah melakukan pendaftaran baik secara online maupun offline, peserta dapat melakukan pengambilan tiket secara langsung di Taman Ahmad Yani mulai dari tanggal 10 sampai 14 April 2023, yaitu dari Pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

“Pemberangkatan akan dilakukan selama 3 hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 19, 20, dan 21 April 2023, setiap Pukul 14.00 WIB di Jalan Masjid Raya Medan. Bagi yang sudah memegang tiket, dapat berangkat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan di masing-masing tiket,” katanya.

Iswar pun mengimbau kepada masyarakat Kota Medan maupun yang beraktifitas di Kota Medan dan hendak mudik pada tanggal-tanggal tersebut untuk segera mendaftarkan diri begitu pendaftaran telah dibuka. Sebab kuota peserta mudik dibatasi sampai 5.000 orang, pendaftaran pun akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi.

“Artinya walaupun pendaftaran kita buka selama empat hari, yaitu dari tanggal 3 hingga 6 April 2023, namun bila misalnya dua hari saja pendaftaran kita buka kuota sudah terpenuhi, maka pendaftaran akan langsung kita tutup tanpa harus menunggu sampai tanggal 6 April 2023. Jadi kepada masyarakat yang ingin memanfaatkan program mudik gratis ini, segera mendaftarkan diri begitu pendaftaran telah dibuka,” imbaunya.

Baca Juga:  Selama Libur Sekolah, KAI Divre I Sumut Berangkatkan Lebih Dari 146 Ribu Penumpang

Iswar juga menyebutkan, masyarakat yang mengikuti program ‘Mudik Bareng Pemko Medan 2023’ ini tidak hanya bisa menikmati transportasi mudik secara gratis, tetapi juga akan difasilitasi dengan akomodasi gratis.

“Setiap peserta ‘Mudik Bareng Pemko Medan 2023’ akan mendapatkan snack box (kue kotak) untuk berbuka puasa, makan sahur, baju kaos, hingga bingkisan lebaran untuk keluarga di rumah,” sebutnya.

Adapun 12 kota tujuan di Sumatera Utara pada program mudik gratis Pemko Medan di tahun 2023 ini, yakni;

1. Medan – PakPak Bharat (Salak)
2. Medan – Sidikalang
3. Medan – Sibolga
4. Medan – Sipirok
5. Medan – Kota Pinang
6. Medan – Padang Sidempuan
7. Medan – Tarutung
8. Medan – Panyabungan
9. Medan – Natal
10. Medan – Rantau Prapat
11. Medan – Sibuhuan
12. Medan – Gunung Tua.[KM-04]

Berkomentarlah secara bijaksana dan hindari menyinggung SARA. Komentar sepenuhnya menjadi tanggungjawab komentator.